Penerbangan Terpanjang di Dunia Kembali Hadir, Rutenya Singapura-New York

Kompas.com - 21/10/2020, 11:23 WIB
Pesawat tipe Airbus A380 pada maskapai penerbangan Singapore Airlines, (8/10/2013). SHUTTERSTOCK/RYAN FLETCHERPesawat tipe Airbus A380 pada maskapai penerbangan Singapore Airlines, (8/10/2013).

KOMPAS.com - Singapore Airlines (SIA) kembali menghadirkan penerbangan terpanjang di dunia.

Dilansir dari CNN, sebelum pandemi, rute penerbangan terpanjang adalah Singapura-Newark, New Jersey, yang menempuh jarak 9.534 mil.

Kini, rute terbaru dari SIA adalah Singapura-John F Kennedy (JFK), New York, dengan jarak tempuh 9.536,5 mil.

Baca juga: 3 Inisiatif Singapore Airlines Saat Pandemi, Ubah Pesawat A380 Jadi Restoran

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (21/10/2020), Singapore Airlines (SIA) akan kembali ke New York, Amerika Serikat (AS), pada 9 November 2020.

Momen tersebut saaat meluncurkan penerbangan non-stop antara Singapura dan Bandara Internasional JFK.

"Layanan non-stop yang sangat panjang adalah landasan utama pelayanan kami untuk pasar penting di AS," ungkap Lee Lik Hsin, Executive Vice President Commercial Singapore Airlines.

Baca juga: Pilot Singapore Airlines Setujui Pemotongan Gaji Lebih Besar

Layanan non-stop SIA ke New York juga akan didukung peningkatan jumlah penumpang transfer yang kini dapat transit melalui Bandara Changi Singapura.

SIA juga mengantisipasi permintaan kargo yang signifikan dari berbagai industri yang berbasis di area metro New York, termasuk perusahaan farmasi, e-commerce, dan teknologi.

Layanan baru ini akan menyediakan satu-satunya jalur kargo udara non-stop dari Timur Laut AS ke Singapura, yang berfungsi sebagai pusat distribusi regional bagi banyak perusahaan besar yang berbasis di AS.

Baca juga: Bagaimana Protokol Singapore Airlines Selama Pandemi Covid-19?

SIA akan mengoperasikan pesawat jarak jauh Airbus A350-900 pada rute tersebut. Pesawat ini dikonfigurasi dengan 42 kursi Kelas Bisnis, 24 Kelas Premium Ekonomi, dan 187 kursi Kelas Ekonomi.

Sementara soal jadwal penerbangan, mulai 9 November 2020, SQ24 akan beroperasi tiga kali seminggu dari Bandara Changi Singapura ke Bandara Internasional John F Kennedy.

Kemudian mulai 11 November 2020, SQ23 akan beroperasi tiga kali seminggu dari Bandara Internasional John F Kennedy ke Bandara Changi Singapura.

Baca juga: Singapura Jalin Kerja Sama dengan Hong Kong untuk Travel Bubble

Saat ini, SIA masih mengoperasikan layanan non-stop ke Los Angeles. Namun, SIA juga mengaku akan terus meninjau kembali operasinya ke AS.

Selain itu, maskapai asal Singapura itu juga mengkaji peningkatan permintaan untuk perjalanan udara di tengah pemulihan dari pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, sebelum memutuskan untuk memulihkan layanan ke rute lain di AS.



Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X