Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2020, 21:40 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wisatawan sudah bisa berkunjung ke Gunung Bromo sejak dibukanya kembali kawasan wisata itu Jumat (28/8/2020).

Wisatawan dari seluruh Indonesia bisa kembali menikmati keindahan alam pegunungan yang ada di sana tentunya dengan protokol kesehatan.

Berlibur ke Gunung Bromo, kamu bisa menikmati ragam aktivitas wisata di lima sitenya yaitu Site Pananjakan, Site Bukit Cinta, Site Bukit Kedalu, Site Savana Teletubbies, dan Site Mentigen.

Baca juga: 13 Syarat Terbaru Wisata ke Gunung Bromo, Usia 10 Tahun Boleh Masuk

Kegiatan yang biasa dilakukan di sana salah satunya melihat matahari terbit atau sunrise. Bagi kamu yang berasal dari Jakarta, siap-siap untuk membeli tiket kereta, bus atau pesawat.

Namun, sebelum itu, kamu perlu mengetahui berapa estimasi biaya untuk sampai ke Bromo. Berikut Kompas.com rangkum estimasi biaya dari Jakarta ke Bromo:

KEINDAHAN ALAM INDONESIA - Panorama kawasan wisata Gunung Bromo di Metigen, Desa Ngadisari, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (7/6/2018). Lokasi wisata tersebut menjadi tujuan favorit wisata karena panorama alamnya yang menjadi magnet wisatawan lokal maupun mancanegara. KOMPAS.com/MAULANA MAHARDHIKA KEINDAHAN ALAM INDONESIA - Panorama kawasan wisata Gunung Bromo di Metigen, Desa Ngadisari, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (7/6/2018). Lokasi wisata tersebut menjadi tujuan favorit wisata karena panorama alamnya yang menjadi magnet wisatawan lokal maupun mancanegara.

Naik kereta api

Jika kamu memilih naik kereta, pilih KA tujuan Stasiun Malang. Terdapat banyak KA dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen menuju ke sana.

Kamu bisa memilih di antaranya KA Mutiara Selatan (Gambir), Bima (Gambir), Gajayana (Gambir), Matarmaja (Pasar Senen), Malabar (Pasar Senen), dan Jayabaya (Pasar Senen).

Harga tiket termurahnya yaitu KA Matarmaja dengan Rp 150.000 per orang.

Sampai di Stasiun Malang, kamu akan melanjutkan perjalanan ke Terminal Arjosari naik angkutan umum. Estimasi biayanya sekitar Rp 4.000.

Setelah itu, kamu bisa lanjut naik angkutan umum menuju Terminal Bus Bayu Angga Probolinggo, lalu pindah naik angkutan desa ke Cemoro Lawang, Ngadisari.

Baca juga: 5 Penginapan di Sekitar Bromo, Mulai dari Rp 300.000-an

Biaya naik angkutan umum dari Terminal Arjosari ke Terminal Bus Bayu Angga sekitar Rp 4.000, sedangkan biaya naik angkutan desa atau biasa disebut Bison menuju Cemoro Lawang sekitar Rp 25.000 per orang.

Maka, jika ditotal estimasi biaya paling murah dari Jakarta ke Bromo sekitar Rp 183.000 per orang satu kali jalan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com