Ingin Naik Gunung Saat Libut Panjang, Simak Info 6 Gunung Ini

Kompas.com - 30/10/2020, 21:40 WIB
KEINDAHAN ALAM INDONESIA - Puncak Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (18/9/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOKEINDAHAN ALAM INDONESIA - Puncak Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (18/9/2019).

KOMPAS.com – Bagi sebagain orang, libur panjang akhir Oktober 2020 dimanfaatkan untuk mendaki gunung.

Memang, ada beberapa gunung yang menjadi tujuan favorit para pendaki, seperti Gede Pangrango, Prau, Semeru, dan Lawu.

Jika kamu masih ingin memanfaatkan sisa waktu libur panjang untuk mendaki gunung, berikut info seputar beberapa gunung yang jadi tujuan favorit pendakian:

1. Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango menjadi tujuan pendakian favorit, terutama mereka yang berasal dari wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.

Adapun, kuota new normal pendakian Gunung Gede Pangrango adalah 25 persen dari kuota normal atau 300 orang per hari. Pendaki wajib mendaftar online melalui tautan http://booking.gedepangrango.org/.

Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat.shutterstock/Dede Sudiana Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat.

Meski libur panjang, diprediksi tidak ada lonjakan pendaki mengingat kondisi cuaca yang sudah masuk musim hujan.

Saat hendak mendaki, para pendaki harus menyertakan surat keterangan sehat pada hari-H pendakian dan mematuhi protokol kesehatan.

Berikut info tentang pendakian Gunung Gede Pangrango saat libur panjang.

2. Gunung Semeru

Gunung Semeru sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut merupakan tujuan favorit para pendaki.

Namun, pendaki yang berencana mendaki Gunung Semeru secara mendadak, dipastikan harus gigit jari.

KEINDAHAN ALAM INDONESIA - Lanskap Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Jumat (20/9/2019). Ranu Kumbolo menjadi sumber mata air bagi pendaki yang akan naik ke puncak Gunung Semeru.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO KEINDAHAN ALAM INDONESIA - Lanskap Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Jumat (20/9/2019). Ranu Kumbolo menjadi sumber mata air bagi pendaki yang akan naik ke puncak Gunung Semeru.

Itu karena pendaftaran pendakian Gunung Semeru sudah penuh hingga 31 Oktober 2020. Pendaki boleh mendaki jika sudah mendaftar sebelum kuota penuh.

Adapun, kuota pendaki Gunung Semeru untuk new normal hanya sebanyak 120 orang per harinya.

Berikut info tentang pendakian Gunung Semeru saat libur panjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X