Pulihkan Pariwisata, Perancis Beri Bantuan Paket Ekonomi Hingga 620 Miliar Euro

Kompas.com - 09/11/2020, 08:08 WIB
Menyaksikan Menara Eiffel dari Champ de Mars SHUTTERSTOCK/MARINAD_37Menyaksikan Menara Eiffel dari Champ de Mars


KOMPAS.com – Dalam upaya memulihkan industri pariwisata, pemerintah Perancis memberikan bantuan berupa paket-paket ekonomi sebagai stimulus kepada para pelaku usaha di berbagai sektor, salah satunya industri pariwisata.

Secara total, pemerintah Perancis mengeluarkan 620 miliar Euro untuk bantuan paket ekonomi ini. Alokasi pertama untuk dana tersebut adalah sebesar 88 miliar Euro sebagai bantuan langsung tunai.

“Antara lain seperti pemberian tunjangan kepada pekerja. Jadi ada pekerja yang tidak diberhentikan atau PHK," kata Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Perancis di Paris Arrmanatha Christiawan Nasir.

Ia melanjutkan bahwa dengan bantuan itu, pemerintah Perancis membayar hingga 80 persen gaji pekerja sektor-sektor swasta yang tidak buka. 

Baca juga: Cara Italia Pertahankan Industri Pariwisata Selama Pandemi Covid-19

Arrmanatha menyampaikan pernyataan itu saat menjadi narasumber dalam webinar Sharing Best Practices “Pemulihan Sektor Pariwisata di Negara Eropa Barat dan Selatan”, Jumat (6/11/2020).

Sektor-sektor tersebut termasuk hotel, restoran, dan toko-toko yang tidak bisa beroperasi selama lockdown di Perancis.

Ada pula kebijakan penangguhan. Untuk kebijakan ini, pemerintah Perancis mengalokasikan dana sampai 196 miliar Euro.

Penampakan Le Louvre Museum pada siang hari, (9/2016).SHUTTERSTOCK/MANJIK Penampakan Le Louvre Museum pada siang hari, (9/2016).

Kebijakan tersebut termasuk talangan penangguhan pembayaran utang usaha kecil dan menengah (UKM), talangan pembayaran sewa UKM, talangan penangguhan pajak, dan talangan iuran wajib jaminan sosial.

Ketiga, ada juga kebijakan bank garansi dengan alokasi dana sebesar 336 miliar Euro.

Beberapa programnya berupa program jaminan pemerintah, tambahan modal bagi perusahaan besar yang terancam bangkrut (bail out) dan peningkatan dana Fund for Economic and Social Development (FESD).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X