Asyik, Ada Agenda Pekenan Dayan Gunung di Gili Trawangan, Apa Itu?

Kompas.com - 18/11/2020, 19:20 WIB
Ilustrasi Gili Trawangan. SHUTTERSTOCKIlustrasi Gili Trawangan.

KOMPAS.com - Agenda pariwisata di Lombok Utara kembali digerakkan. Pada 12-13 Desember 2020, rencananya bakal digelar Pekenan Dayan Gunung di Gili Trawangan.

Dilansir dari Antara, acara ini diinisiasi pelaku pariwisata di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. 

Ketua Gili Hotel Asosiation (GHA) Lombok Utara, Lalu Kusnawan mengatakan, kegiatan ini merupakan wadah untuk mengangkat keanekaragaman adat istiadat, budaya dan keindahan tempat wisata di sana--terutama saat situasi pandemi Covid-19.

"Kami juga ingin menggerakkan sektor UMKM, melalui keterlibatan seluruh pihak, sehingga muaranya dapat membangkitkan perputaran ekonomi masyarakat bisa kembali normal meski situasi Covid-19," ujarnya di Mataram, Rabu (18/11/2020).

Baca juga: Tiga Gili Lombok Masih Sepi Wisatawan meski Sudah Dibuka Kembali

Ia menyampaikan, Pekenan Dayan Gunung memiliki beberapa agenda, seperti pasar keris dan batu permata, pasar kerajinan dan kuliner khas dayan gunung, dan pasar kuliner tiga gili (Trawangan, Air dan Meno).

Agenda lainnya yaitu penampilan kesenian tradisional, restorasi terumbu karang di tiga gili serta gerakan penghijauan dengan melakukan penanaman pohon.

"Kami tidak melihat ada nilai transaksi berapa yang harus diperoleh, tetapi bagaimana melalui kegiatan ini ekonomi dan pariwisata di Lombok Utara bisa kembali menggeliat," kata Kusnawan.

"Karena tidak dipungkiri semenjak COVID-19 pariwisata di Lombok Utara mati suri," jelasnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X