Pangandaran Zona Kuning, Ini 14 Tempat Wisata untuk Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 04/12/2020, 08:17 WIB
Ilustrasi pantai - Pantai Madasari di Pangandaran, Jawa Barat. SHUTTERSTOCKIlustrasi pantai - Pantai Madasari di Pangandaran, Jawa Barat.


KOMPAS.com – Pangandaran termasuk ke dalam zona kuning penyebaran Covid-19 di Jawa Barat.

Maka dari itu kabupaten ini bisa jadi alternatif destinasi wisata akhir tahun 2020. Asalkan menjaga protokol kesehatan dengan baik, liburan bisa tetap aman.

Pangandaran terkenal dengan wisata pantainya yang begitu indah. Namun, masih banyak tempat wisata lain yang bisa kamu jelajahi di Pangandaran.

Mulai dari cagar alam, air terjun, aliran sungai, hingga goa-goa bersejarah.

Baca juga: Ide Liburan Akhir Tahun, Bisa Roadtrip ke Jabar dan Lampung

Perahu tambat di obyek wisata Green Canyon, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2013). Obyek wisata ini menawarkan keindahan dinding bebatuan yang ditutupi lumut dan wisatawan dapan menikmatinya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu.KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Perahu tambat di obyek wisata Green Canyon, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2013). Obyek wisata ini menawarkan keindahan dinding bebatuan yang ditutupi lumut dan wisatawan dapan menikmatinya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu.

1. Green Canyon

Green Canyon atau Cukang Taneuh adalah salah satu tempat wisata favorit di Pangandaran. Cukang Taneuh dalam bahasa Sunda artinya jembatan tanah. Jembatan tersebut terdapat di atas sungai yang dilalui pengunjung saat berwisata di sana.

Tempat wisata ini merupakan ngarai yang berada di hulu sungai, dengan bebatuan tebing yang curam. Tebingnya berwarna hijau lumut, jadi asal mulai penamaan Green Cannyon.

Baca juga: Liburan Saat New Normal, Jangan Lupa ke Pantai Pangandaran

Wisatawan bisa menyusuri aliran air dengan kapal sewaan atau pun berenang menggunakan pelampung yang disediakan. Jika kamu seorang pencintan adrenalin, bisa juga coba melompat dari tebing tinggi menuju ke sungai.

Letaknya ada di Jalan Raya Cijulang, Green Canyon, Pangandaran. Jam operasionalnya Senin – Kamis pukul 08.00-16.00 WIB, Jumat pukul 13.00-16.00 WIB, dan Sabtu-Minggu pukul 07.30-16.00 WIB.

Harga paket wisata di sini bervariasi, tergantung jumlah orang yang datang untuk menyewa perahu. Rata-rata biayanya mulai dari Rp 200.000.

Goa Lalay menjadi destinasi baru di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.KOMPAS.com/CANDRA NUGRAHA Goa Lalay menjadi destinasi baru di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

2. Goa Cilalay

Goa Cilalay terletak di Dusun Karanganyar, Kecamatan Cigugur, Pangandaran. Tempat wisata ini cocok untuk kamu yang suka body rafting. Kamu bisa body rafting menelusuri Goa Cilalay sepanjang 500 meter dan Goa Parat sepanjang 200 meter.

3. Goa Sutra Reregan

Selain Goa Cilalay, ada pula spot Goa Sutra Reregan. Goa ini merupakan salah satu dari banyak tempat wisata yang ada di Desa Selasari. Goa ini merupakan goa pertama yang menghubungkan ke goa selanjutnya.

Ada beberapa spot swafoto di goa ini. batuan yang bergelombang dan tak rata, dengan keindahan ornamen stalaktit dan stalakmit memberi kesan menakjubkan.

Goa Sutra Reregan terletak di Desa Selasari, Parigi, Pangandaran. Jam operasionalnya setiap hari pukul 07.00-18.30 WIB.

Baca juga: Pantai Madasari Pangandaran, Kemah Tepi Pantai dengan Panorama Bukit Karang

4. Goa Panggung

Goa Panggung terletak di dekat Pantai Pasir Putih Pangandaran dan Cagar Alam Pangandaran. Jika masuk ke dalam goa, kamu akan bisa melihat pemandangan berupa pantai yang begitu dekat.

Di dalam goa ada sebuah tempat yang agak tinggi, mirip panggung. Konon dari sanalah nama panggung berasal. Goa ini juga dipercaya sebagai tempat tinggal Mbah Jaga Lautan, anak angkat dari Nyi Roro Kidul yang bertugas menjaga lautan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X