Kompas.com - 24/12/2020, 17:05 WIB
Small World Baturraden di Jalan Raya Ketenger, Desa Ketenger, Baturraden, Jawa Tengah. TRIBUNJATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTOSmall World Baturraden di Jalan Raya Ketenger, Desa Ketenger, Baturraden, Jawa Tengah.

KOMPAS.com – Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani memastikan seluruh tempat wisata di Banyumas tetap buka untuk periode libur Natal dan Tahun Baru 2020/2021.

Tempat wisata di Banyumas tidak tutup, tapi protokol kesehatan ketat,” kata Asis saat dihubungi Kompas.com, Kamis (24/12/2020).

Beberapa tempat wisata yang populer dikunjungi wisatawan adalah Loka Wisata Baturraden, Bale Kemambang, Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, THR Pangsar Soedirman, Museum Wayang, dan Pemandian Kali Bacin.

Baca juga: Banyumas Siap Sambut Wisatawan Jelang Tahun Baru

Tempat-tempat wisata lainnya yang juga sudah bisa dikunjungi adalah Small World, Air Terjun Cipendok, Curug Jenggala, dan Telaga Sunyi.

Syarat masuk tempat wisata di Banyumas

Syarat masuk ke tempat-tempat wisata di Banyumas masih sama, tidak ada penambahan syarat baru untuk liburan akhir tahun.

Syarat-syarat tersebut mencakup wajib cuci tangan, memakai masker dengan sempurna, dilarang berkerumun, dan harus menjaga jarak. Pengelola juga dipastikan memeriksa suhu tubuh pengunjung sesuai standar.

Pengunjung berswafoto di dek cinta yang berada di obyek wisata Curug Jenggala, Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (3/2/2017). Sejak dibuka pada Oktober 2016, obyek wisata yang berjarak 17 kilometer dari Purwokerto itu dikunjungi sekitar 10.000-13.000 orang per bulan.KOMPAS/MEGANDIKA WICAKSONO Pengunjung berswafoto di dek cinta yang berada di obyek wisata Curug Jenggala, Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (3/2/2017). Sejak dibuka pada Oktober 2016, obyek wisata yang berjarak 17 kilometer dari Purwokerto itu dikunjungi sekitar 10.000-13.000 orang per bulan.

Terkait pembelian tiket untuk tempat-tempat wisata yang berada di bawah pengelolaan Dinporabudpar, pengunjung harus melakukan reservasi dahulu melalui aplikasi Mas Basid di smartphone.

Ada empat tempat wisata yang tiketnya bisa dipesan secara online, yakni Loka Wisata Baturraden, Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, THR Pangsar Soedirman, dan Taman Balai Kemambang.

Baca juga: Banyumas Optimistis Wisatawan Tetap Datang Jelang Tahun Baru

Setelah melakukan pemesanan, calon pengunjung kemudian harus membayar tiket dengan metode cashless. Di dalam aplikasi tersebut juga tercantum alamat tempat wisata, jam buka, dan kuota kunjungan per periodenya.

Untuk Loka Wisata Baturraden, kuotanya adalah 3.000 pengunjung. Lalu untuk Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, kuotanya 500 pengunjung, THR Pangsar Soedirman 200 pengunjung, dan Taman Balai Kemambang 1.000 pengunjung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X