Kompas.com - 14/12/2020, 09:43 WIB
Suasana area Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. KOMPAS.com/Fadlan Mukhtar ZainSuasana area Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

KOMPAS.com - Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Asis Kusumandani mengatakan bahwa pihaknya siap menyambut wisatawan jelang Tahun Baru.

“Di obyek wisata yang dikelola pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyumas, ada tenaga kesehatan. Protokol kesehatan sudah wajib diterapkan. Langgar kena teguran dua kali, bahkan bisa ditutup,” kata dia kepada Kompas.com, Minggu (13/12/2020).

Bagi yang ingin berkunjung ke desa wisata, wisatawan tidak perlu khawatir akan protokol kesehatan yang diterapkan di sana.

Baca juga: Pecahkan Rekor Dunia, 17.818 Mendoan Digoreng di Purwokerto

Sebab, Asis menuturkan bahwa sebanyak 15 desa wisata di Banyumas sudah mendapatkan bantuan dari provinsi terkait peralatan yang dibutuhkan untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Bantuan dari provinsi ada alat-alat, seperti hand sanitizer, penyemprot disinfektan, thermo gun, dan tempat cuci tangan. Kita juga sudah beri imbauan keras ke mereka (untuk terapkan protokol kesehatan),” jelasnya.

Asis mengungkapkan, wisatawan dapat berwisata dengan aman di Banyumas karena protokol kesehatan yang diterapkan juga untuk melindungi pekerja di tempat wisata, pedagang, serta warga setempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada Satgas Covid-19 di tempat wisata

Wisatawan yang hendak liburan ke Banyumas diimbau untuk benar-benar mematuhi protokol kesehatan.

Untuk memastikan hal tersebut, Asis mengungkapkan bahwa sejumlah obyek wisata di sana sudah memiliki tim Satgas Covid-19.

Pancuran Pitu di Baturraden, Banyumas.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pancuran Pitu di Baturraden, Banyumas.

“Tapi wisatawan juga tentu sesuaikan dengan kondisi di sini tanpa harus diimbau. Begitu datang, harusnya sudah patuhi protokol kesehatan,” ujar Asis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.