Kompas.com - 30/12/2020, 16:19 WIB
Spot selfie di Puncak Becici, Dlingo, Bantul. Instagram @puncakbeciciSpot selfie di Puncak Becici, Dlingo, Bantul.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Yogyakarta, mencatat penurunan kunjungan dan pemesanan hotel.

Adanya informasi penggunaan rapid test antibodi atau antigen menjadi salah satu penyebab menurunnya kunjungan wisata.

"Betul (ada penurunan kunjungan wisata), jauh banget," kata Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon Selasa (29/12/2020).

Baca juga: Jam Buka Wisata Bantul Sampai Pukul 18.00 WIB Saat Nataru, tetapi..

Meski tidak menyebut perbandingan tahun lalu, dia mengatakan tahun kunjungan sejak 24 Desember sampai 28 Desember kunjungan mencapai 45.365 orang.

Selain kunjungan wisata juga okupasi hotel, dia mencontohkan salah satu hotel besar di Bantul saat sebelum ada kebijakan rapid antigen pemesanannya mencapai 80 persen dari jumlah kamar, setelah muncul informasi rapid antigen menjadi 30 persen.

Untuk Kabupaten Bantul, sesuai dengan keluarnya instruksi Gubernur DIY, maka pihaknya langsung mengambil kebijakan melakukan pembatasan jam kunjung wisatawan ke semua tempat wisata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Wisata Baru di Bantul, Naik di Atas Layangan Raksasa

Adapun oleh Pemda atau ada retribusi wisatawan untuk pemerintah maka operasionalnya ditentukan mulai pukul 05.00-18.00 WIB.

"Operasional artinya penarikan retribusinya, penutupan jalannya wewenang dari Kepolisian dan Dinas Perhubungan," kata Markus.

Foto Malam di Pintu Langit Dahromo, Bantul, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Foto Malam di Pintu Langit Dahromo, Bantul, Yogyakarta.
Wisatawan ke Hutan Pinus Bantul turun

Ketua Koperasi Notowono Kalurahan Mangunan, Dlingo, Purwo Harsono mengatakan selama libur Natal dan tahun baru operasional kawaaan hutan pinus sampai pukul 22.00 WIB.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.