Cara Terbaik ke Yogyakarta: Naik Kereta, Pesawat, atau Road Trip?

Kompas.com - 06/01/2021, 22:00 WIB
Tugu Yogyakarta, ikon Kota Jogja. ShutterstockTugu Yogyakarta, ikon Kota Jogja.

KOMPAS.com - Tiket kereta ke Yogyakarta selalu laris terjual ketika musim liburan atau long weekend. Naik kereta memang salah satu cara paling populer ke sana.

Namun, bagaimana kamu tahu bahwa naik kereta adalah cara terbaik ke Yogyakarta?

Selain naik kereta, masih ada dua cara lain untuk menuju ke sana, yakni dengan pesawat atau road trip via Trans Jawa.

Agar lebih jelas, berikut adalah perbandingan antara ketiga transportasi ini.

Baca juga: Abaikan Protokol Kesehatan, Wisatawan Bakal Diusir dari Taman Sari Yogyakarta

  • Kereta api

Tiket kereta ke Yogyakarta memang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan pesawat, namun perhatikan juga durasinya.

Biasanya, harga tiket yang murah ada di kelas ekonomi yang berarti durasi perjalanannya pun lebih panjang.

Untuk kamu yang solo traveling ke Yogyakarta, perhatikan pula waktu kedatangan kereta di stasiun tujuan. Pastikan kamu tiba di sana tidak terlalu malam sehingga masih aman untuk bepergian.

Selain itu, tiket kereta ke Yogyakarta juga paling cepat habis terjual, terlebih menjelang musim liburan. Oleh karena itu, pembelian tiket harus dilakukan dari jauh-jauh hari.

Baca juga: 7 Aktivitas Seru di Ledok Sambi Yogyakarta, Piknik di Pinggir Sungai

Tempat wisata di Yogyakarta - Angkringan kekinian Geblek Menoreh View di Kulon Progo, Yogyakarta.dok. Geblek Menoreh View Tempat wisata di Yogyakarta - Angkringan kekinian Geblek Menoreh View di Kulon Progo, Yogyakarta.
Pesawat

Alternatif lain untuk menggantikan tiket kereta ke Yogyakarta adalah lewat jalur udara. Durasinya jelas jauh lebih singkat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X