Kompas.com - 08/01/2021, 20:08 WIB
Sadengan, salah satu titik yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur. ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGISadengan, salah satu titik yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur.

KOMPAS.com – Taman Nasional (TN) Alas Purwo di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) sudah dibuka kembali pada Senin (4/1/2021).

“Sudah dibuka, tapi untuk goa masih ditutup. Semua bisa dikunjungi kecuali goa,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I TN Alas Purwo Probo Wresni Adji kepada Kompas.com, Kamis (7/1/2021).

Dia melanjutkan, saat ini pihaknya masih membatasi kunjungan wisatawan sebanyak 500 orang per hari. Meski begitu, TN Alas Purwo tidak berlakukan sistem buka tutup.

Baca juga: Wisata Banyuwangi Tak Hanya Kawah Ijen, Ada TN Alas Purwo

Sebab, imbuh Probo, sejak dibuka kembali selama new normal pada pertengahan 2020, pihaknya tidak pernah menerima jumlah pengunjung hingga 500 orang atau lebih dalam sehari.

Untuk Savana Sadengan sendiri, kapasitasnya pun masih maksimal 50 wisatawan dengan sistem buka tutup.

“Sirkulasi pengunjung di TN Alas Purwo lancar. Dan rata-rata waktu pengunjung paling lama dua jam sehingga tidak sampai ada penumpukan pengunjung,” terangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak perlu bawa surat rapid test

Apabila ingin berkunjung ke TN Alas Purwo, Probo menuturkan bahwa saat ini wisatawan tidak perlu membawa hasil negatif rapid test antigen, antibodi, maupun swab PCR.

Adapun, syarat tersebut berlaku bagi wisatawan baik dari luar provinsi Jatim maupun dari dalam Jatim.

Baca juga: 4 Wisata Alam di Banyuwangi, dari Kawah Ijen hingga Alas Purwo

Meski begitu, sebelumnya wisatawan yang hendak berkunjung ke sana untuk menginap di Plengkung wajib membawa hasil negatif rapid test antigen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.