Kompas.com - 22/01/2021, 13:40 WIB
Pulau Kemaro, Palembang AntaraPulau Kemaro, Palembang

KOMPAS.com - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, memunculkan konsep wisata air pada pengembangan tempat wisata Pulau Kemaro, delta di Sungai Musi.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan pemerintah kota berkomitmen untuk menjadikan Pulau Kemaro layaknya tempat wisata Taman Impian Jaya Ancol di DKI Jakarta.

“Kami berharap dengan ada destinasi unggulan ini dapat mendongrak kunjungan wisatawan hingga 6 juta orang per tahun,” kata Harnojoyo, Kamis (21/1/2021), seperti dilansir dari Antaranews.

Baca juga: Tempat Wisata Favorit di Palembang, Pulau Kemaro yang Melegenda

Ia mengatakan pada 2021 mulai dilakukan percepatan, mulai dari branding (pelabelan), promosi, pembangunan infrastruktur dan lainnya.

"Kami ingin Palembang memiliki ikon baru, yakni wisata air dan mengembalikan julukan Venesia dari Timur," kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Kota Palembang Harrey Hadi mengatakan, untuk pengembangan pusat wisata air itu pemkot akan menggunakan dana Corporate Sosial Responbilty (CSR) dari BUMN, seperti Angkasa Pura, Pelindo, Pusri, Pertamina, PLN.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 10 Tempat Wisata Palembang yang Wajib Dikunjungi

Selain itu, Pemkot Palembang juga mengundang investor untuk menanamkan modal di kawasan Pulau Kemaro itu yang memiliki luas sekitar 25 Hektare.

Selama ini, Pulau Kemaro hanya ramai saat perayaan tahunan Cap Goh Meh dengan kunjungan wisatawan mencapai 40.000 orang.

"Tentu kami tidak hanya menggunakan dana APBD saja, tapi juga perlu dukungan investor karena butuh sekitar Rp1,4 Triliun, mulai dari bangun apartemen, pusat jajanan kuliner, wahana air anak-anak, resor, dll," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.