Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute dan Harga Tiket Masuk Desa Wisata Sindangkasih di Garut

Kompas.com - 20/03/2021, 12:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Jika ingin menikmati asrinya pedesaan yang masih terbebas dari polusi sambil bermain river tubing, kamu bisa menuju Desa Wisata Sindangkasih di Kabupaten Garut.

“River tubing minimal lima orang, maksimal sepuluh orang biar petugas bisa mengawasi. Kalau banyak-banyak takutnya tidak terawasi,” kata Ketua Homestay Desa Wisata Sindangkasih Dedi Sopandi kepada Kompas.com, Rabu (17/3/2021).

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam di Garut, dari Gunung hingga Kebun Binatang

Selain river tubing, ada juga kegiatan menarik lainnya seperti foto-foto sambil menikmati pemandangan, liwetan, menangkap ikan di kolam, menginap, hingga menjelajahi desa sambil mendengar sejarahnya.

Rute menuju Desa Wisata Sindangkasih

Desa Wisata Sindangkasih berlokasi di Jalan Garut-Tasik kilometer (km)16, Desa Sukamaju, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Lokasinya terbilang cukup dekat dari pusat kota lantaran jarak dari Alun-alun Garut di Jalan Ahmad Yani nomor 22, Kecamatan Garut Kota hanya sekitar 15,7 km saja.

Jika menggunakan mobil, waktu tempuh menuju tempat wisata hanya sekitar 31 menit via Jalan Garut-Tasik. Namun, waktu tempuh tergantung situasi dan kondisi jalanan apakah ada kemacetan atau tidak.

Mulai perjalanan ke tempat wisata

Sebelum memulai perjalanan, pastikan lokasimu dekat dengan Masjid Agung Garut yang letaknya tidak jauh dari alun-alun.

Jika sudah menemukannya, pastikan letak masjid berada pada sebelah kiri kendaraan. Setelah posisi masjid benar, mulailah perjalanan dengan berjalan lurus mentok kemudian belok kiri.

Baca juga: Pantai Sayang Heulang di Garut Punya Tiga Area Wisata, Apa Saja?

Dari sana, lanjutkan perjalanan sejauh 450 meter hingga menemui lampu merah di sebuah perempatan dekat pos polisi yang letaknya di sisi kanan jalan.

Dari lampu merah tersebut, belok kiri lalu berjalan lurus sejauh 450 meter melewati Taman Kiansantang dan rumah makan Saung Tani 21.

Tempat wisata di Garut bernama Desa Wisata Sindangkasih, Jawa Barat (dok. Desa Wisata Sindangkasih).dok. Desa Wisata Sindangkasih Tempat wisata di Garut bernama Desa Wisata Sindangkasih, Jawa Barat (dok. Desa Wisata Sindangkasih).

Restoran tersebut letaknya dekat dengan sebuah perempatan. Pada perempatan tersebut, belok kanan dan tetap berada pada jalur tersebut sejauh 1 kilometer melewati Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Garut pada sisi kiri jalur.

Selanjutnya, kamu akan menemui sebuah papan penanda arah di sisi kiri jalur yang menunjukkan arah ke Korem, RS Guntur, Tasikmalaya, dan Garut Kota.

Baca juga: Ada Gumuk Pasir bak Gurun Sahara di Garut

Tidak jauh dari sana adalah lampu merah dan perempatan. Ambil arah ke kanan dan lanjutkan perjalanan sejauh 13,6 kilometer melintasi jalur yang agak berliku.

Nantinya, kamu menemui sebuah papan bertuliskan “Desa Wisata Sindangkasih” yang dilengkapi dengan susunan bambu. Letak papan berada pada sisi kiri jalan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com