Kompas.com - 06/04/2021, 15:01 WIB
Tidak hanya berfungsi sebagai landmark Kota Jakarta, Tugu Monas juga memiliki beberapa obyek wisata di dalamnya, Jakarta, Rabu (29/1/2020). kompas.com / Nabilla RamadhianTidak hanya berfungsi sebagai landmark Kota Jakarta, Tugu Monas juga memiliki beberapa obyek wisata di dalamnya, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

KOMPAS.com – Sebagian masyarakat Jakarta yang tidak mudik karena ada larangan mudik 2021 mungkin memilih alternatif untuk berwisata di domisilinya.

Hal ini membuat tempat wisata di Jakarta memiliki kemungkinan untuk diserbu mereka yang tidak bisa pulang kampung.

Baca juga: Larangan Mudik 2021, Sandiaga Ajak Masyarakat Dukung Wisata Lokal

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak untuk mempersiapkan hal tersebut.

“Hari Minggu lalu saya koordinasi dengan asisten pemerintah dan Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, yang langsung menugaskan Kepala Dinas Kebudayaan pak Iwan dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pak Gumilar,” kata dia dalam Weekly Press Briefing virtual pada Senin (5/4/2021).

Adapun, mereka saling berkoordinasi untuk mempersiapkan protokol kesehatan CHSE yang ketat dan suvenir, seperti ondel-ondel dan sebagainya bagi masyarakat yang tidak bisa mudik.

Baca juga: Mudik Dilarang, Tempat Wisata Buka Sesuai Aturan Daerah Masing-masing

Sandiaga melanjutkan, persiapan tersebut juga akan dilakukan di beberapa tempat wisata andalan Jakarta, seperti Taman Margasatwa Ragunan, kawasan Ancol, dan Kota Tua.

Selanjutnya adalah Setu Babakan, Taman Mini Indonesia Indah, dan beberapa spot wisata dan budaya lain di Jakarta, termasuk kawasan Monas.

Koordinasi dengan sejumlah pihak

Dalam mempersiapkan tempat wisata guna menyambut warga Jakarta yang berlibur ke tempat wisata karena tidak bisa mudik, Sandiaga berkoordinasi dengan beberapa pihak.

“Itu koordinasi dengan Pemda DKI Jakarta sudah dimulai dan akan ditingkatkan. Koordinasi akan diperluas dengan mengundang Kadin (Kamar Dagang dan Industri), HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) DKI Jakarta, PHRI, dan asosiasi-asosiasi lainnya,” ujar Sandiaga.

Ilustrasi spot foto di kawasan Kota Tua Jakarta. Dok. Shutterstock Ilustrasi spot foto di kawasan Kota Tua Jakarta.

Selanjutnya, Sandiaga mengatakan bahwa pihaknya juga akan berkoordinasi dengan biro perjalanan di Jakarta dan seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X