Kompas.com - 06/04/2021, 11:20 WIB
Tempat wisata bernama Pantai Kuta Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (SHUTTERSTOCK/CAHYADI SUGI). SHUTTERSTOCK/CAHYADI SUGITempat wisata bernama Pantai Kuta Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (SHUTTERSTOCK/CAHYADI SUGI).

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa saat ini persiapan Mandalika dalam menyambut perhelatan MotoGP sudah mencapai 70 persen.

“Air, listrik, sampai produk ekonomi kreatif dan desa-desa wisata di sekitar Mandalika sekarang persiapan ada di angka 70 persen,” kata dia dalam Weekly Press Briefing virtual, Senin (5/4/2021).

Persiapan juga mencakup infrastruktur, seperti sirkuit, tempat untuk menampung para pebalap, serta persiapan terhadap jaringan dan bandara yang sudah hampir 90 persen.

Baca juga: MotoGP Mandalika 2021 Diharap Dongkrak Wisatawan ke Lombok Tengah

Untuk diketahui, Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dijadikan sebagai tempat pelaksanaan acara olahraga MotoGP dan Superbike pada 2021.

Dari dua acara tersebut, Sandiaga mengatakan bahwa Superbike sudah final akan dilakukan pada November mendatang.

Ilustrasi MotoGP AustraliaRobert Cianflone / Getty Images Ilustrasi MotoGP Australia

“MotoGP menunggu kepastian. Pada Selasa (6/4/2021) dan lusa (7/4/2021), Dorna sebagai penyelenggara MotoGP akan mengunjungi Jakarta dan Mandalika,” tutur dia.

Dalam kunjungannya, pihak Dorna akan melakukan serangkaian kegiatan untuk menijau langsung kesiapan sirkuit.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam Wisata Pantai di Mandalika Lombok Tengah

Sembari menunggu keputusan dari penyelenggara, Sandiaga mengatakan bahwa saat ini mereka hanya bisa sabar menunggu.

“Harapannya dengan keputusan yang diambil akan memantapkan kita untuk melangkah ke depan (dan) siapkan Mandalika sebagai destinasi super prioritas,” katanya.

Persiapan dari aspek kesehatan di Mandalika

Selama pandemi Covid-19, protokol kesehatan menjadi yang paling diperhatikan setiap lapisan masyarakat. Sandiaga tidak menampik hal tersebut.

Oleh karena itu, sambung Sandiaga, aspek kesehatan juga diperhatikan dalam pengembangan Mandalika. Sesuai arahan presiden, pihak Sandiaga berharap, MotoGP dapat dilakukan secara fisik.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam Wisata di Sekitar Sirkuit MotoGP Mandalika

“Kalau online, dampak ekonomi lokal minimal. Jika penerapan protokol kesehatan tidak memungkinkan untuk diselenggarakan secara fisik, keputusan akan didiskusikan kembali,” tutur Sandiaga.

Adapun, penerapan protokol kesehatan di sana menurut dia diharap dapat memberikan yang terbaik untuk kesehatan, keamanan, dan keselamatan para penyelenggara MotoGP, pebalap, penonton, dan masyarakat di sekitar Mandalika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.