Kompas.com - 11/04/2021, 19:31 WIB
Sebuah toilet unik di Tokyo yang terlihat seperti sebuah bangunan beton yang mengambang (dok. Kenta Hasegawa | https://www.dezeen.com/). dok. Kenta Hasegawa | https://www.dezeen.com/Sebuah toilet unik di Tokyo yang terlihat seperti sebuah bangunan beton yang mengambang (dok. Kenta Hasegawa | https://www.dezeen.com/).

KOMPAS.com – Lagi-lagi, Jepang memiliki toilet umum berbentuk unik setelah sebelumnya memiliki toilet transparan dengan lampu warna-warni.

Adapun, melansir Travel and Leisure, Jumat (9/4/2021), toilet yang terbuat dari beton berbentuk persegi panjang raksasa tersebut terlihat seperti sedang mengambang.

Terletak di dekat Stasiun Sendagaya di Tokyo, toilet buatan studio desain Jepang bernama Suppose Design Office ini menurut Dezeen dikatakan sebagai pesaing nyata untuk toilet umum paling indah di Negeri Sakura.

Baca juga: Unik, Ada Toilet Transparan di Tokyo

Dari luar, bangunan beton raksasa ini terlihat cukup membosankan. Namun, bagian dalamnya dibuat dengan sempurna, sehingga memberi pengunjung kenyamanan bak hotel dengan biliknya yang terbuat dari kayu Akoya.

Melalui sebuah pernyataan, studio desain tersebut mengatakan bahwa toilet ini tertutup sepenuhnya pada ketinggian yang sejajar dengan mata.

Sebuah toilet unik di Tokyo yang terlihat seperti sebuah bangunan beton yang mengambang (dok. Kenta Hasegawa | https://www.dezeen.com/).dok. Kenta Hasegawa | https://www.dezeen.com/ Sebuah toilet unik di Tokyo yang terlihat seperti sebuah bangunan beton yang mengambang (dok. Kenta Hasegawa | https://www.dezeen.com/).

Namun secara simbolis, bangunan tersebut membiarkan cahaya masuk dari atas, sreta memastikan adanya ventilasi melalui celah pada kaki bangunan.

“Kami bertujuan untuk menciptakan arsitektur yang memungkinkan orang untuk merasakan ruang yang lebih dari sekadar toilet umum,” jelas Suppose Design Office.

Karena mengambang, lebih banyak cahaya bisa masuk

Selain dari jendela pada atap bangunan, cahaya juga datang dari celah yang membuat bangunan toilet terlihat seperti mengambang.

Sebab, celah yang berada pada bagian bawah bangunan memiliki tinggi sekitar 1,6 kaki atau 500 milimeter. Adapun, tinggi tersebut tetap memberi privasi kepada pengunjung.

Sebuah toilet unik di Tokyo yang terlihat seperti sebuah bangunan beton yang mengambang (dok. Kenta Hasegawa | https://www.dezeen.com/).dok. Kenta Hasegawa | https://www.dezeen.com/ Sebuah toilet unik di Tokyo yang terlihat seperti sebuah bangunan beton yang mengambang (dok. Kenta Hasegawa | https://www.dezeen.com/).

Untuk dindingnya, bangunan beton milik Suppose Design Office ini didukung kolom tengah di dalam struktur.

“Kami ingin menciptakan rasa tidak nyaman di kota dengan membuat bongkahan beton—yang biasanya berat, terlihat seperti mengapung, sehingga menjadi sebuah seni tersendiri,” kata mereka.

Baca juga: Jepang Larang Turis Asing Datang ke Olimpiade Tokyo 2021

Toilet umum yang unik ini berukuran sekitar 25 kaki atau 7,5 meter. Tingginya sekitar dua kali dari pintu masuk stasiun yang letaknya di sebelah bangunan tersebut.

Lebar toilet tersebut adalah 75 meter persegi dan memiliki pemisah antara bilih pria dan wanita, serta wastafel pada pusat toilet tersebut.

Menurut Dezeen, studio tersebut melihat proyek toilet ini sebagai salah satu dari sekian banyak proyek untuk membantu mempersiapkan Tokyo terkait Olimpiade pada musim panas 2021.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X