Kompas.com - 22/04/2021, 20:18 WIB
Pendaki berfoto di area Puncak Hargo Dumilah Gunung Lawu, Jawa Timur, Jumat (29/12/2017). Sejumlah pendaki memanfaatkan momen libur akhir tahun untuk mendaki Gunung Lawu. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOPendaki berfoto di area Puncak Hargo Dumilah Gunung Lawu, Jawa Timur, Jumat (29/12/2017). Sejumlah pendaki memanfaatkan momen libur akhir tahun untuk mendaki Gunung Lawu.

 

KOMPAS.comGunung Lawu memiliki lima jalur resmi yang dapat dilewati oleh para sobat pendaki yang sudah tidak sabar untuk menjelajahi gunung tersebut.

Adapun, lima jalur itu tersebar di beberapa wilayah yakni Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah, serta Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan di Jawa Timur.

Setiap jalur yang ada memiliki pesona dan rintangannya tersendiri. Selain itu, pemandangan yang akan menyambut para pendaki pun akan berbeda meski sama-sama indah.

Untuk diketahui, jalur pendakian Gunung Lawu terdiri dari Cemara Kandang, Candi Cetho, Tambak, Cemara Sewu, dan Singolangu.

Baca juga: Aturan Baru Pendakian Gunung Lawu via Karanganyar, Pemula Wajib Didampingi

“Jalur Tambak lagi uji coba dulu sekarang. Masih dalam proses administrasi perjanjian. Sebentar lagi resmi,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto, Kamis (22/4/2021).

Sementara itu, Asisten Perhutani (Asper)/Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Lawu Selatan (KBKPH), Kesatuan Pemangku Hutan Lawu dan sekitarnya (Ds) bernama Marwoto mengatakan, jalur Singolangu masih dikelola oleh masyarakat.

Pendakian Cemara Sewu resmi dikelola oleh Perhutani. Untuk Singolangu, masyarakat masih diajukan kerja sama dengan Perhutani,” ungkap dia.

Peta Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu dan Cemara Kandang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Peta Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu dan Cemara Kandang.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum medan pada jalur-jalur pendakian Gunung Lawu:

Jawa tengah

  • Cemara Kandang

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto mengatakan, Kamis, jalur pendakian Gunung Lawu via Cemara Kandang terbilang landai.

“Yang terjal hanya sedikit. Jalannya relatif nyaman, tapi jauh. Dia sebagian jalur berbatu sekitar 30-40 persen, sisanya tanah,” tutur dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X