Kompas.com - 05/05/2021, 14:12 WIB

KOMPAS.com – Kepala Badan Pusat Statistik Nusa Tenggara Timur (NTT) Darwis Sitorus mengatakan, tingkat okupansi hotel bintang di NTT pada Maret 2021 naik tipis menjadi 27,40 persen.

Mengutip Kompas.com, Selasa (4/5/2021), Darwis menjelaskan bahwa dengan angka 27,40 persen maka tingkat okupansi mengalami kenaikan 9,00 persen.

“Dibanding TPK (tingkat penghunian kamar) pada bulan Februari 2021 yang sebesar 18,40 persen, tentunya TPK bulan Maret ini naik sembilan persen,” ujar dia.

Baca juga: Larangan Mudik, Hotel Diharapkan Beri Paket Staycation Bonus Hampers Isi Produk Lokal

Selanjutnya, jumlah tamu yang menginap di hotel bintang pada bulan tersebut tercatat sebanyak 21.637 orang.

Dari jumlah tersebut, 21.040 tamu adalah orang Indonesia sementara 597 tamu berasal dari luar negeri. Sementara itu, rata-rata lama tamu menginap di hotel bintang pada bulan lalu adalah 1,62 hari.

“Untuk rata-rata lama tamu nusantara menginap selama 1,60 hari dan rata-rata lama tamu mancanegara menginap selama 2,35 hari,” jelasnya.

Baca juga: Larangan Mudik, Tren Staycation di Hotel Diprediksi Meningkat Lagi

Meski pada Maret okupansi hotel bintang di NTT membaik, namun berdasarkan pemberitaan Kompas.com, Kamis (4/3/2021), okupansinya sempat anjlok pada Januari 2021.

Dalam berita tersebut, Darwis mengatakan bahwa okupansi hotel bintang di NTT anjlok 15,49 persen dari 38 persen pada Desember 2020 menjadi 22,51 persen pada Januari 2021.

“Dalam kurun waktu satu bulan, turun 15,49 persen,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.