Kompas.com - 05/05/2021, 08:16 WIB
Calon Penumpang di Bandara Sentani Jayapura menggunakanan layanan GeNose C-19 sebelum keberangkatan Calon Penumpang di Bandara Sentani Jayapura menggunakanan layanan GeNose C-19 sebelum keberangkatan

KOMPAS.com - Memasuki Mei 2021, PT Angkasa Pura I (Persero) telah menyediakan 72 mesin GeNose C-19 bagi para calon penumpang di 15 bandara yang dikelolanya.

Adapun, implementasi layanan GeNose C-19 tersebut dimulai dari Bandara Internasional Yogyakarta-Kulon Progo (YIA) dan Bandara Internasional Juanda di Surabaya pada 1 April 2021. 

Kemudian, secara bertahap, diikuti oleh sejumlah bandara lainya yang melakukan implementasi alat tes Covid-19 buatan lokal itu sejak pertengahan hingga akhir bulan April lalu.

Baca juga: Layanan GeNose Tersedia di Bandara Soekarno Hatta pada Bulan Mei

Dalam hal ini, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan bahwa dengan adanya berbagai pilihan layanan tes Covid-19, salah satunya layanan GeNose C-19, akan semakin memudahkan calon penumpang dalam melakukan perjalanan udara di tengah pandemi Covid-19.

"Layanan GeNose C-19 telah diimplementasikan di seluruh bandara Angkasa Pura I sebagai salah satu syarat untuk melakukan perjalanan udara. Kami berharap calon penumpang pesawat semakin mudah dalam melakukan perjalanan udara pada masa adaptasi kebiasaan baru," ujar Faik Fahmi, menurut rilis yang diterima Kompas.com pada Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Harga dan Cara Tes GeNose di Bandara

Dalam memberikan layanan GeNose C-19 di 15 bandara, Angkasa Pura I bekerja sama dengan salah satu anak perusahaan yaitu Angkasa Pura Supports yang juga bermitra dengan Farmalab dan Klinik ASA untuk layanan GeNose di Bandara Sentani di Papua. 

Jumlah penumpang yang telah menggunakan GeNose C-19

Uji coba pelayanan GeNose 19 di bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (31/3/2021).KOMPAS.com/AJI YK PUTRA Uji coba pelayanan GeNose 19 di bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (31/3/2021).

Pada April 2021 lalu, pihak Angkasa Pura I mencatat sebanyak 42.123 calon penumpang pesawat telah menggunakan layanan GeNose C-19 di 15 bandara Angkasa Pura I.

Jumlah tersebut merupakan rata-rata tujuh persen dari total penumpang berangkat yang sebanyak 612.825 orang.

Baca juga: Bandara I Gusti Ngurah Rai Siapkan Layanan GeNose untuk Syarat Terbang

Adapun jumlah calon penumpang pengguna GeNose C-19 terbanyak terdapat di Bandara Internasional Juanda yaitu 12.857 calon penumpang atau sebesar lima persen dari jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 256.689 orang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X