Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Ternyata Ada di Portugal

Kompas.com - 04/05/2021, 15:02 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Portugal punya jembatan gantung terpanjang di dunia bernama 516 Arouca Bridge yang baru dibuka untuk umum di Arouca Unesco Global Geopark.

Melansir Lonely Planet, Senin (3/5/2021), jembatan yang melintasi sungai Paiva itu memiliki panjang 516 meter dan berada pada ketinggian 175 meter dari permukaan sungai.

Baca juga: Rencana Portugal Izinkan Turis Asing Datang Tanpa Karantina

Jembatan tersebut menghubungkan lereng curam Air Terjun Aguieiras dan area Paiva Gorge. Keduanya merupakan bagian dari 41 geosite di geopark tersebut.

Panjang yang dimiliki wahana wisata ini membuatnya menjadi jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di dunia dan berhasil menggeser Charles Kuonen Suspension Bridge di Swiss.

Dibangun sejak 2017

Pembangunan jembatan ini dimulai pada 2017. Namun, prosesnya sempat tertunda karena lokasi jembatan perlu diubah karena ada kesulitan terkait masalah geologi.

Baca juga: World of Wine, Atraksi Wisata Baru bagi Pencinta Anggur di Portugal

Namun, konstruksi akhirnya dilanjutkan dan selesai pada Juli 2020. Kini, jembatan yang didesain oleh Itecons dan dibangun oleh Conduril-Engenharia, SA, tersebut dapat dikunjungi wisatawan berusia di atas enam tahun.

516 Arouca Bridge bertujuan menarik wisatawan pencinta hal-hal berbau teknik, penikmat alam, serta mereka yang suka pengalaman ekstrem.

Jembatan gantung terpanjang di dunia bernama 516 Arouca Bridge di Portugal.https://ponte516arouca.com/ Jembatan gantung terpanjang di dunia bernama 516 Arouca Bridge di Portugal.

Selama menyeberangi jembatan tersebut, wisatawan dapat melihat Air Terjun Aguieiras, Paiva Walkways, Alvarenga Bridge, dan Paiva Gorge.

Atraksi wisata lain yang tidak kalah menarik

Selain menyeberangi 516 Arouca Bridge untuk membuat jatung berdebar, terdapat atraksi wisata lain yang tidak kalah menarik, yakni Paiva Walkways.

Menurut situs resmi jembatan itu, jalan setapak Paiva Walkways merupakan jalan setapak sepanjang 8 kilometer yang letaknya berada tepat di tepi sungai Paiva.

Baca juga: Kepulauan di Portugal Izinkan Turis yang Sudah Vaksin Covid-19 Berkunjung

Jalan setapak tersebut dikelilingi bebatuan alami dan rerumputan hijau yang membuatnya terlihat menarik.

Kendati berada di tepi sungai Paiva, jalan setapak tersebut juga akan melintasi area hutan yang penuh dengan pepohonan rindang.

Harga tiket untuk melintasi 516 Arouca Bridge adalah 12 Euro untuk orang dewasa, atau Rp 207.938, serta 10 Euro untuk pelajar, anak-anak, dan lansia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com