Kompas.com - 21/04/2021, 15:03 WIB
Ilustrasi Portugal - Pemandangan matahari terbenam di Porto. SHUTTERSTOCK / PETR POHUDKAIlustrasi Portugal - Pemandangan matahari terbenam di Porto.

KOMPAS.comPortugal tengah berusaha mengizinkan wisatawan asing tiba tanpa harus karantina pada musim panas 2021.

Melansir Reuters, Kamis (15/4/2021), hal tersebut diumumkan oleh Secretary of State for Tourism Rita Marques pada Rabu (14/4/2021).

Adapun, pernyataan tersebut disampaikan sembari Eropa mulai mengadopsi paspor Covid-19 untuk mencoba memulai industri perjalanan.

Dalam konferensi pers daring, Rita mengatakan, Portugal akan mencoba berbagai cara untuk menghindari karantina dan tes Covid-19 tambahan jika rencana Travel Pass (izin perjalanan) berjalan.

Baca juga: Kepulauan di Portugal Izinkan Turis yang Sudah Vaksin Covid-19 Berkunjung

Portugal adalah negara yang bergantung pada pariwisata dan pemegang jabatan presiden bergilir Uni Eropa (UE).

Saat ini, negara tersebut bertanggung jawab untuk menegosiasikan izin baru itu dengan negara-negara anggota.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Travel Pass atau Digital Green Certificate, menurut pemberitaan dalam The Points Guy, Sabtu (17/4/2021), akan memungkinkan pembebasan perjalanan internasional, meski kampanye vaksinasi UE dinilai lamban dan ada risiko yang ditimbulkan oleh varian baru Covid-19.

Rita menuturkan, walau musim panas ini tidak akan benar-benar normal, Portugal bertaruh untuk mempertahankan prinsip dasar pergerakan bebas orang dan barang.

Namun menurut informasi dalam Ec.europa.eu, Sabtu, Digital Green Certificate hanya berlaku bagi negara-negara UE dan non-UE seperti Islandia, Liechtenstein, Norwegia, dan Swiss.

Baca juga: Eropa Siapkan Sertifikat Digital untuk Mudahkan Perjalanan Antarnegara

Pemandangan Kota Lisbon, Portugal. UNSPLASH/WeSetupYourWebViewApp Pemandangan Kota Lisbon, Portugal.

Pariwisata Portugal

Di tahun 2020, sektor pariwisata Portugal yang mumpuni mengalami tahun terburuknya sejak pertengahan 1980-an akibat pandemi Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X