Kompas.com - 05/05/2021, 11:48 WIB
Kawasan Ekonomi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten Dok. Jababeka GroupKawasan Ekonomi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten

KOMPAS.com – Wisatawan asal Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dilarang liburan ke wilayah Serang, Pandeglang, Lebak, dan Cilegon. Larangan ini akan diberlakukan pada 6-17 Mei 2021.

“Orang Jabodetabek enggak boleh ke Serang, orang Serang enggak boleh ke Jabodetabek,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim di Pendopo Gubernur, Kota Serang, Senin (3/5/2021), mengutip Kompas.com, Senin.

Petugas yang menemukan wisatawan asal Jabodetabek memasuki wilayah-wilayah di atas akan menyuruh mereka untuk putar balik. Penilangan juga akan diberlakukan.

Baca juga: Seharian Wisata di Banten, Bisa ke Mana Saja?

Lebih lanjut, Wahidin menegaskan bahwa wisatawan asal Tangerang Raya juga masuk dalam larangan meski secara administratif mereka masuk Provinsi Banten.

“Cuma Gubernur gimana besok Lebaran? Dari Tangerang enggak boleh ke sini (Serang). Kalau enggak boleh enggak apa-apa, di rumah saja,” ujar dia.

Melansir Kompas.com, Jumat (30/4/2021), Kepala Dinas Pariwisata Lebak Imam Rismahayadin juga menegaskan bahwa wisatawan selain dari Serang, Pandeglang, Lebak, dan Cirebon dilarang berkunjung ke sana.

Kebijakan tersebut merupakan hasil rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tentang pembukaan pariwisata hanya untuk wisatawan lokal.

“Nanti ada penyekatan di Cilograng, Cipanas (untuk wilayah luar Banten), sementara perbatasan Serang, Pandeglang, dan Lebak tidak ada penyekatan berarti boleh ke Lebak,” kata dia.

salah satu obyek wisata religi di Banten yaitu Masjid Agung Banten.gotravelly.com salah satu obyek wisata religi di Banten yaitu Masjid Agung Banten.

Dalam larangan tersebut, penyekatan juga telah disiapkan oleh Polda Banten di pintu keluar masuk wilayah Provinsi Banten yakni sebagai berikut, Rabu (5/5/2021):

Baca juga: 5 Tempat Wisata Wajib Mampir saat Kamu Mudik ke Cilegon

  1. Pos Yan Citra Raya
  2. Pos Sekat Cisoka
  3. Pos Sekat Jayanti
  4. Pos Sekat GT Cikande
  5. Pos Sekat GT Ciujung
  6. Pos Sekat Pertigaan Cikande Asem
  7. Pos Sekat Tanara
  8. Pos Sekat Pusri
  9. Pos Sekat GT Sertim
  10. Pos Sekat GT Serbar
  11. Pos Sekat Gerbang Pelabuhan Merak
  12. Pos Sekat Pel Bojonegara
  13. Pos Sekat Gerem Bawah
  14. Pos Sekat Gayem Pandeglang
  15. Pos Sekat Jasinga
  16. Pos Sekat Cilograng
  17. Pos Sekat Curug Bitung
  18. GT Cikupa
  19. GT Merak

Kabag Binopsnal Ditlantas Polda Banten Kompol Kamarul Wahyudi mengatakan, sebanyak 1.051 personel akan bersiaga 24 jam di titik-titik lokasi penyekatan.

Baca juga: Bukit Waruwangi, Wisata Kekinian nan Murah di Serang Banten

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X