Kompas.com - 02/07/2021, 17:12 WIB
Ilustrasi Candi Borobudur Shutterstock/saiko3pIlustrasi Candi Borobudur

 

KOMPAS.comCandi Borobudur, Candi Prambanan, dan Ratu Boko resmi ditutup selama penerapan PPKM Darurat di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021.

“Iya (ditutup semua). Kami ikut mendukung PPKM,” kata Direktur PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Edy Setijono kepada Kompas.com, Jumat (2/7/2021).

Meski begitu, tiga candi tersebut sebelumnya telah ditutup sejak jauh hari. Untuk Candi Borobudur, tempat wisata tersebut telah ditutup sejak 29 Juni.

Baca juga: 11 Wisata Cagar Budaya Yogyakarta Tutup Sementara, Termasuk Prambanan

Menurut informasi dalam akun Instagram @borobudurpark pada Senin (28/6/2021), tempat wisata tersebut ditutup mengikuti arahan dari Surat Edaran (SE) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magelang.

Adapun, SE Sekda Kabupaten Magelang Nomor 440.1/1926/01.01/2021 tentang Pelaksanaan Gerakan Eling lan Ngelingke.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penutupan juga berdasarkan SE Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang Nomor 556/477/19/2021.

Baca juga: Klaten Zona Merah, Candi Prambanan Tutup Sementara hingga 5 Juli

Sementara untuk Candi Prambanan dan Ratu Boko, keduanya sudah ditutup sejak 21 Juni berdasarkan pemberitaan Kompas.com pada Rabu (23/6/2021).

Penutupan yang diperpanjang

Candi Prambanan, salah satu peninggalan Kerajaan Mataram KunoWikimedia Commons Candi Prambanan, salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Kendati ketiga candi tersebut memiliki tanggal periode penutupan yang berbeda, namun Edy menegaskan bahwa ketiganya akan serentak tetap tutup hingga PPKM Darurat berakhir.

“Tutup sampai dengan 20 Juli,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Candi Borobudur akan ditutup hingga informasi lebih lanjut. Sementara itu, Candi Prambanan dan Ratu Boko ditutup hingga 2 Juli.

Baca juga: Viral di Twitter Netizen Debat Siapa Pendiri Candi Prambanan, Ini Sejarahnya

Akan tetapi, menurut informasi dalam akun Instagram Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta yakni @bpcb_diy, penutupan Candi Prambanan diperpanjang.

“Penutupan sementara Candi Prambanan diperpanjang hingga 5 Juli untuk mencegah penyebaran Covid-19,” seperti yang tertera dalam salah satu unggahannya, Selasa (29/6/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.