Kompas.com - 08/07/2021, 10:27 WIB
Masjid Agung Demak, Kampung Kauman, Bintoro, Demak, Jawa Tengah DOK. Dinas Pariwisata Kabupaten Demak DOK. Dinas Pariwisata Kabupaten DemakMasjid Agung Demak, Kampung Kauman, Bintoro, Demak, Jawa Tengah DOK. Dinas Pariwisata Kabupaten Demak

KOMPAS.com - Mengunjungi Demak tak akan lengkap rasanya jika tak singgah di Masjid Agung Demak. Wisata religi yang terletak di Kampung Kauman, Bintoro, Demak, Jawa Tengah ini menjadi salah satu ikon Kabupaten Demak.

Dilansir dari "Oas Menjelajah Masjid: Masjid Agung Demak" karya Agus Maryanto dan Zaimul Azzah, bangunan ini merupakan salah satu peninggalan Kesultanan Demak.

Masjid ini didirikan pada masa pemerintahan Sultan pertama Demak, yakni Raden Patah. Salah satu masjid tertua di Pulau Jawa ini didirikan pada tahun 1477 masehi.

Mengutip dari sumber lain, "Cerita Rakyat Jawa Tengah Sunan Kalijaga (Asal usul Masjid Agung Demak)" yang ditulis Ade Soekrino, masjid ini merupakan perwujudan dari harapan Raden patah untuk membuat bangunan monumen yang bernuansa Islam.

Pendiri Kesultanan Demak itu pun meminta Wali Songo untuk membangun sebuah Masjid di area Bintoro.

Fungsi Masjid Agung Demak

Pada masa kejayaannya, Kesultanan Demak menjadi pusat tempat utama pengembangan para ulama di Nusantara. Bangunan masjid yang dibangun oleh Raden Patah dan para wali itu pun makin ramai didatangi oleh orang-orang dari berbagai penjuru wilayah nusantara.

Masjid Agung Demak.Pesona Indonesia Masjid Agung Demak.

Masjid sederhana dan berukuran kecil itu tak lagi mampu menampung pengunjung yang semakin banyak. Akhirnya Raden Patah kembali memerintahkan para wali untuk memperluas bangunan tersebut.

Pengerjaan renovasi masjid ini dilakukan oleh empat orang wali, yaitu Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Gunung Jati, dan Sunan Kalijaga.

Filosofi bangunan Masjid Agung Demak

Kembali merujuk pada tulisan Agus Maryanto dan Zaimul Azzah dalam "Oas Menjelajah Masjid: Masjid Agung Demak", masjid yang memiliki luas 1,5 hektar ini terdiri dari ruang utama, pawastren dan serambi.

Di dalam kompleks Masjid Agung Demak ini juga terdapat bangunan cungkup makam, peseban, museum, wisma tamu dan perpustakaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.