Kompas.com - 10/07/2021, 08:31 WIB
Ilustrasi kota London. Inggris Dok. UGURAKDEMIR/UNSPLASH.comIlustrasi kota London. Inggris

KOMPAS.com - London merupakan kota yang menarik untuk dikulik. Ibu Kota Inggris ini juga terpilih sebagai tempat berlangsungnya laga final Piala Eropa 2020.

Mengutip History.com, London sudah berdiri sekitar tahun 6000 Sebelum Masehi. Peneliti menemukan bukti berupa sebuah jembatan yang diduga dibangun pada Zaman Perunggu di dekat Sungai Thames.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Gratis di London, Lokasi Final Euro 2020

Tak hanya itu, mereka juga menemukan benteng di area yang sama. Benteng tersebut diperkirakan dibangun pada Zaman Logam.

Masuknya Romawi Kuno

Pemandian Romawi kuno yang berusia sekitar 2.000 tahun ditemukan di bawah bukit pasir pantai Caños de Meca Cádiz, Andalusia, Spanyol barat daya.XAVI RUIZ via TWITTER Pemandian Romawi kuno yang berusia sekitar 2.000 tahun ditemukan di bawah bukit pasir pantai Caños de Meca Cádiz, Andalusia, Spanyol barat daya.

Seperti dilansir dari Britannica, London merupakan salah satu kota tertua di dunia yang telah dikenal sejak dulu.

Kota yang kini menjadi pusat ekonomi, transportasi, dan kebudayaan di Inggris ini juga sudah menjadi primadona sejak berabad-abad silam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bangsa Romawi Kuno menemukan pelabuhan dan jalur perdagangan yang diberi nama Londinium pada 43 Masehi. Tak lama setelah itu, sebuah jembatan dibangun menyeberangi sungai Thames untuk memfasilitasi perdagangan dan pergerakan pasukan Romawi.

Baca juga: Traktat London: Latar Belakang, Isi, dan Dampaknya

Namun sayangnya, pada 60 Masehi, Ratu Celtic yang bernama Boudicca memicu penjarahan yang dilakukan oleh pasukan militer di Kota London. Akibatnya, kebakaran besar menghancurkan kota tersebut.

Kota London kembali dibangun sesegera mungkin setelah peristiwa besar tersebut. Sayangnya, pada 125 Masehi, kota itu kembali hangus terbakar.

Runtuhnya Romawi dan serangan Viking

Usai peristiwa besar di tahun 125 Masehi, London kembali berbenah. Seiring perkembangannya, kota ini bahkan mengalami peningkatan penduduk mencapai 40 ribu jiwa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.