Karaksa Media Partner adalah media online penyedia berita terkini seputar Jepang dari sumber terpercaya, “Japan Walker”. Kami akan menyampaikan berita seputar Jepang terkini dari semua genre, seperti kuliner, produk & tren terbaru, festival musiman, tempat hangout, hidden spot, dan masih banyak lainnya.

10 Fakta Menarik Seputar Olimpiade Tokyo 2020

Kompas.com - 19/07/2021, 14:36 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Olimpiade dan Paralimpiade 2020 merupakan ajang olahraga internasional bergengsi yang tahun ini diselenggarakan di Jepang.

Adapun, mengutip Kompas.com, Sabtu (17/7/2021), Negeri Sakura sempat menjadi tuan rumah pesta olahraga tersebut pada 1964.

Pesta olahraga ini diikuti oleh para atlet dari banyak negara di dunia. Untuk Indonesia sendiri, menurut Kompas.com, Kamis (30/6/2021), Tanah Air mengirim 28 atlet yang akan mewakili Nusantara di sana.

Baca juga: Jepang Jual Oleh-oleh Olimpiade Tokyo 2020 Lewat Mesin Penjual Otomatis

Sembari menunggu Olimpiade Tokyo 2020 diselenggarakan untuk memberi dukungan kepada para atlet nasional, kamu bisa habiskan waktu untuk membaca sejumlah fakta menarik seputar Olimpiade tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum beragam fakta menarik seputar Olimpiade Tokyo 2020 dari berbagai sumber, Senin (19/7/2021):

1. Pesta olahraga yang tertunda

Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 awalnya hendak digelar pada musim panas tahun lalu. Kendati demikian, acara tersebut ditunda karena pandemi Covid-19.

Melansir Kompas.com, Rabu (23/6/2021), acara olahraga tersebut akan digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2021.

Sedangkan, Paralimpiade Tokyo 2020 akan diadakan pada 24 Agustus-5 September 2021. 

Logo Olimpiade Tokyo 2020Shutterstock Logo Olimpiade Tokyo 2020

2. Punya maskot dengan nama yang penuh makna

Maskot merupakan salah satu hal penting yang kerap hadir dalam pertandingan olahraga internasional, termasuk Olimpiade Tokyo 2020.

Untuk acara olahraga nanti, pihak penyelenggara memperkenalkan sebuah maskot bernama Miraitowa yang namanya memiliki arti tersendiri.

Baca juga: Jepang Larang Turis Asing Datang ke Olimpiade Tokyo 2021

Adapun, Miraitowa terdiri dari dua kata dalam Bahasa Jepang yakni “mirai” yang artinya masa depan, dan “towa” yang artinya keabadian.

Nama Miraitowa tersebut dikatakan mewakili harapan bahwa Olimpiade Tokyo 2020 akan membawa masa depan harapan abadi di hati semua orang di seluruh dunia.

3. Ada cabor baru

Situs web Olimpiade Tokyo 2020 menyampaikan olimpiade kali ini memperkenalkan lima cabang olahraga (cabor) baru yang terdiri dari skateboarding, karate, baseball/softball, selancar, dan panjat dinding. 

Melansir Kompas.com, Sabtu (17/7/2021), tuan rumah ajang olahraga ini berambisi untuk meraih medali emas pada cabor skateboarding dan panjat dinding selain medali dari cabor lain.

4. Perkenalkan Judo pada 1964

Jepang sempat menjadi tuan rumah Olimpiade pada 1964. Tahun tersebut juga merupakan pertama kalinya Judo dipertandingkan di pesta olahraga multicabang terbesar di dunia.

Baca juga: Jelang Olimpiade Tokyo, AS Malah Imbau Warganya Tidak Pergi ke Jepang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com