Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2021, 16:26 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) membatasi perjalanan KA Jarak Jauh selama PPKM Darurat yang telah diberlakukan sejak 3 Juli 2021.

Menurut keterangan pers yang Kompas.com terima, Senin (19/7/2021), pembatasan perjalanan KA Jarak Jauh dilakukan dengan melakukan pembatasan sementara KA Jarak Jauh keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

“Setiap harinya, hanya sekitar empat sampai dengan lima KA Jarak Jauh yang berangkat dari Stasiun Gambir per harinya,” kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa.

Baca juga: Idul Adha, KA Jarak Jauh Daop 1 Jakarta Hanya Layani Pekerja Sektor Esensial dan Kritikal

Sementara untuk Stasiun Pasar Senen, hanya sekitar lima sampai enam KA Jarak Jauh saja yang diberangkatkan per harinya.

“Jumlah KA Jarak Jauh tersebut dikurangi dari jumlah keberangkatan KA reguler yang dioperasikan pada masa pandemi sebelum PPKM Darurat,” sambung dia.

Adapun, selama masa pandemi sebelum PPKM Darurat, biasanya jumlah KA Jarak Jauh yang beroperasi adalah delapan hingga 10 setiap harinya pada dua stasiun tersebut.

Secara keseluruhan, jumlah KA yang beropasi di masa pandemi hanya sekitar 40 persen dari program jumlah KA atau yang diberangkatkan pada masa sebelum pandemi.

Jika ingin menggunakan KA Jarak Jauh, Eva mengimbau agar seluruh calon penumpang berada dalam kondisi sehat seperti tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam.

“Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat Celsius, serta memakai masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut,” tutur Eva.

Baca juga: KA Batara Kresna hingga Prameks Kini Hanya untuk Pekerja Sektor Esensial dan Kritikal

Selain itu, jika mendapati diri memiliki gejala infeksi Covid-19, PT KAI telah menyediakan ruang isolasi baik di atas KA maupun di area stasiun guna mencegah penyebaran Covid-19.

Selain itu, cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun juga tersedia dan berfungsi dengan baik pada setiap sudut stasiun dan di atas KA.

“Dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta, seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin setiap 30 menit sekali,” pungkas dia.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com