Desa Wisata Cisande Sukabumi, Desa Wisata Berbasis Edukasi Peternakan

Kompas.com - 06/09/2021, 14:21 WIB
Marching band Opa-Oma di hamparan persawahan di Desa Wisata Cisande, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifMarching band Opa-Oma di hamparan persawahan di Desa Wisata Cisande, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

KOMPAS.com - Desa Wisata Cisande adalah desa wisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang memiliki potensi dari sisi edukasi peternakan.

Saat berkunjung ke desa wisata ini, wisatawan dapat mengikuti beragam kegiatan edukasi, beberapa di antaranya budidaya ikan hias dan ikan lele.

Di sela-sela kunjungannya pada Minggu (5/9/2021), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyarankan agar wisata edukasi peternakan tersebut diperluas. 

"Di sini sudah ada perikanan, lalu juga ada agrowisata, tetapi peternakan belum lengkap. Oleh karena itu, saya menyumbangkan sepasang domba kepada Desa Wisata Cisande supaya menjadi permodalan wisata edukasi peternakan," ujar Sandiaga, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (6/9/2021).

Selain mengikuti kegiatan edukasi peternakan, wisatawan juga bisa menghias layang-layang, menanam padi, dan menjalani kegiatan outbond berupa flying fox, panahan, river tubing, dan kemah di camping ground.

Baca juga:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi wisatawan yang menyukai wisata kuliner, mereka bisa mampir ke taman kuliner yang berisi angkringan dan warung kopi, serta fasilitas kelas masak masakan tradisional khas Cisande.

Setelah wisata kuliner, mereka bisa melihat kerajinan tangan warga Desa Cisande dengan mengunjungi rumah produksi kriya sandal jepit, rumah produksi permainan tradisional khas Cisande, rumah produksi anyaman bambu, rumah produksi abon lele, rumah produksi batik khas Kecamatan Cicantayan di Sukabumi, dan pakaian khas pangsi.

Kerajinan batik di Desa Wisata Cisande, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kerajinan batik di Desa Wisata Cisande, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Desa Wisata Cisande juga memiliki marching band Opa-Oma yang sudah ada sejak tahun 2015. 

Uniknya, anggota marching band tersebut rata-rata berusia 50-70 tahun dan tidak memiliki pengalaman sebagai pemain marching band sewaktu muda. 

Adapun marching band tersebut juga menjadi salah satu daya tarik Desa Wisata Cisande.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Cisande, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Cisande, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Desa Wisata Cisande adalah salah satu dari 50 desa wisata terbaik dalam lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. 

Baca juga:

Dilansir dari Kompas.com, Senin (23/8/2021), ADWI merupakan lomba yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sebanyak 1.831 desa wisata menjadi peserta lomba tahun ini.

Saat ini Kemenparekraf dan Dewan Juri tengah berkunjung ke-50 desa wisata tersebut. 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.