Kompas.com - 07/10/2021, 15:15 WIB

KOMPAS.comJabal Rahmah adalah bukit di Arafah yang letaknya dekat dengan Masjid Namirah, dan berada di antara Mekkah dan Thaif, Arab Saudi. 

Tempat wisata ini kerap dikunjungi oleh para jemaah haji yang melakukan wukuf (salah satu bagian dari ibadah Haji) di Arafah, dan jemaah umrah yang berwisata usai ibadah umrah.

Baca juga: Seperti Ini Kegiatan Umrah Selama Pandemi Covid-19 pada Oktober 2021

Salah satu anggota tim PT Jannah Firdaus Tour & Travel yakni Hamid mengatakan, biasanya jemaah haji dan umrah akan berdoa saat di bukit itu. 

“Diutamakan untuk berdoa, karena pelaksanaan haji, tentunya Allah SWT memanjakan para jemaah yang wukuf di sini untuk mengabulkan semua doa-doanya,” ujar dia.

Baca juga: Kegiatan Umrah di Arab Saudi Terpantau Sepi akibat Pandemi Covid-19

Hal tersebut diungkapkan oleh dia dalam acara Live Instagram Kompas.com “Live Umrah 1443 H Pada saat New normal”, Selasa (5/10/2021).

Jangan coret-coret atau menaruh foto di Jabal Rahmah

Jabal Rahmah di Arafah, Arab Saudi yang dipenuhi oleh coretan.SHUTTERSTOCK / Sony Herdiana Jabal Rahmah di Arafah, Arab Saudi yang dipenuhi oleh coretan.

Kendati lebih diutamakan untuk kegiatan berdoa, ada kegiatan yang tidak termasuk dalam ibadah haji dan umrah yang tidak luput dilakukan oleh sejumlah jemaah saat berkunjung ke Jabal Rahmah.

“Di sini biasanya para jemaah umrah dan haji sering menaruh foto, atau menulis-nulis. Cuma itu enggak ada ajaran atau anjuran untuk menulis-nulis di batu-batu yang ada di Arafah atau di bukit Jabal Rahmah,” ungkap Hamid.

Baca juga: Alasan Jemaah Umrah Asal Indonesia Disukai Masyarakat Arab Saudi

Menurut dia, hal tersebut berkaitan dengan Jabal Rahmah yang menjadi tempat bertemunya kembali Nabi Adam dengan Siti Hawa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Senada dengan Hamid, Direktur Utama PT Jannah Firdaus Tour & Travel, Bambang Cahyadi juga mengatakan hal yang sama.

Baca juga: Satu Hari di Kota Taif Arab Saudi, Ini Pilihan Tempat Wisatanya

Dahulu, tuturnya, tugu Jabal Rahmah yang berada di puncak bukit berwarna putih. Namun kini warnanya semakin gelap dan menghitam.

“Tugu itu awalnya putih, cuma sekarang banyak warna hitam (karena dicoret-coret). Bahkan itu dilarang oleh Nabi Muhammad SAW. Ada mitos berdoa di situ cepat dapat jodoh, naruh foto calon. Itu salah, tidak ada rukunnya,” jelas Bambang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.