Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2021, 12:13 WIB
Kistin Septiyani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nawang Jagad merupakan salah satu area perkemahan yang ada di Dareah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya terletak di Kaliurang, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta.

"Nawang Jagad sendiri berasal dari Bahasa Jawa. Nawang artinya memandang, dan jagad artinya semesta," kata Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kaliurang Barat David Chandra kepada Kompas.com, Kamis (7/10/2021).

Dari kawasan ini, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan Gunung Merapi. Mereka juga bisa menikmati api unggun dengan suasana yang masih alami. 

Baca juga: 60 Persen Anggota PHRI Yogyakarta Kantongi QR Code PeduliLindungi

Selama kemah di Nawang Jagad, ada sejumlah obyek wisata lain di sekitarnya yang bisa dikunjungi:

Museum Gunungapi Merapi

Sisa-sisa bukti keganasan lava panas erupsi Gunung Merapi pada 2010 silam, tersimpan di Museum Gunung Merapi, Yogyakarta.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Sisa-sisa bukti keganasan lava panas erupsi Gunung Merapi pada 2010 silam, tersimpan di Museum Gunung Merapi, Yogyakarta.

Museum Gunungapi Merapi merupakan sebuah museum yang berisi informasi mengenai Gunung Api Merapi dan fenomena gunung berapi lainnya di seluruh dunia.

Wisatawan dapat melihat kronologi letusan gunung berapi di museum ini.

Museum Gunungapi Merapi terletak di Jalan Kaliurang Km 22, Banteng Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Dari Nawang Jagad, wisatawan dapat mencapai kawasan wisata ini dengan kendaraan pribadi selama 8-11 menit dengan jarak hampir 4 kilometer (km).

Di lantai satu museum, wisatawan dapat menjumpai filosofi kegunungapian dan alat peraga kegempaan di lantai satu museum. Mereka juga bisa melihat arsip benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan Gunung Merapi.

Di lantai dua, wisatawan bisa melihat tampilan letusan Gunung Merapi, alat peraga tsunami, dan ruang pemutaran film kegunungapian.

Harga tiket masuk museum ini mulai dari Rp 5.000 per orang.

Museum Gunungapi Merapi buka dari hari Selasa sampai Minggu pukul 08.00 sampai 15.30 WIB. Pada hari Jumat, museum dapat dikunjungi mulai pukul 08.00 sampai 14.30 WIB.

Baca juga: Yogyakarta PPKM Level 2, Taman Pintar Mulai Dikunjungi Wisatawan

The Lost World Castle

The Lost World Castle, Pilihan Wisata ala Luar Negeri di YogyakartaSHUTTERSTOCK The Lost World Castle, Pilihan Wisata ala Luar Negeri di Yogyakarta

The Lost World Castle terletak di Jalan Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Obyek wisata ini berjarak sekitar 10 km dari Nawang jagad dengan lama perjalanan 25 menit. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com