Kompas.com - 11/11/2021, 21:15 WIB

KOMPAS.com - Desa Wisata Huta Tinggi berada di Kecamatan Pangruran, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Desa ini menjadi salah satu lokasi bermukimnya suku batak Toba.

Desa Wisata Huta Tinggi termasuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik dalam Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Sebagai kawasan desa wisata, Huta Tinggi menawarkan sejumlah atraksi bagi wisatawan, seperti wisata edukasi, wisata alam, dan wisata budaya.

Baca juga: Mendalami Kehidupan Suku Batak Toba di Desa Wisata Huta Tinggi

Salah satu kawasan Geosite UNESCO

Terletak di wilayah Danau Toba, Desa Wisata Huta Tinggi menjadi bagian dari kawasan Geosite UNESCO.

“Selain kerbau, juga ada kambing putih dan juga ada burung elang. Ini yang harus kita jaga sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Huta Tinggi pada Selasa (9/11/2021), dilansir dari keterangan resmi Kemenparekraf.

Kaldera Toba ditetapkan sebagai Geosite UNESCO Global Geopark pada 2020 lalu. Setidaknya ada 16 geosite di sekitarnya yang diakui oleh UNESCO.

Baca juga: 7 Spot Menarik untuk Menikmati Keindahan Danau Toba

Wisata budaya dan edukasi Desa Wisata Huta Tinggi

Desa Wisata Huta Tinggi, Samosir, Sumatera Barat DOK. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Huta Tinggi, Samosir, Sumatera Barat DOK. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Selain menikmati keindahan alam Desa Huta Tinggi, wisatawan juga bisa menikmati wisata edukasi dan budaya yang ada di kawasan tersebut.

Wisatawan bisa belajar bagaimana memerah susu kerbau dan mengolahnya secara langsung.

Ada sajian khusus yang biasa dibuat masyarakat sekitar dari susu kerbau bernama dali ni horbo. Olahan susu kerbau tersebut kerap dijuluki sebagai keju khas batak Toba. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.