Kompas.com - 30/12/2021, 22:36 WIB

KOMPAS.com - Kegiatan wisata pendakian Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat resmi ditutup sementara, terhitung mulai 31 Desember 2021 hingga 31 Januari 2022.

Pernyataan penutupan sementara untuk umum ini diinformasikan oleh Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), melalui surat edaran yang Kompas.com terima pada Kamis (30/12/2021).

Selama sebulan penuh, semua jalur pendakian, yaitu jalur Cibodas, jalur Gunung Putri, dan jalur Selabintana Sukabumi ditutup.

"Ini betul. Ada penutupan aktivitas pendakian secara rutin tiap tahun dalam rangka pemulihan ekosistem," ujar Call Center TNGGP saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis.

Baca juga:

Selain itu, penutupan juga dilakukan dalam rangka mengantisipasi cuaca ekstrem. Keputusan ini merujuk pada kebijakan dan imbauan prakiraan cuaca dari BMKG Stasiun Meteorologi Citeko Bogor.

Berdasarkan rilis tertulis pada Senin (27/12/2021), wilayah Jawa Barat diprediksi mengalami hujan ringan hingga lebat. Cuaca ekstrem berpotensi terjadi, seperti puting beliung, hujan petir, dan lainnya. Hal ini bisa berdampak menjadi banjir, tanah longsor, hingga pohon tumbang.

Oleh karena itu, bagi calon pendaki yang telah melakukan pembayaran melalui pemesanan online dan terjadi penutupan, bisa melakukan penjadwalan ulang waktu pendakian ataupun pengembalian.

"Untuk informasi lebih lanjut, harap menghubungi telepon kantor khusus layanan pendakian di 0263 2950977, atau Customer Service khusus pendakian di +62 263 519415," lanjut Call Center TNGGP.

Baca juga:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.