Kompas.com - 22/01/2022, 16:09 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Spanyol akan mewajibkan wisatawan asing yang berkunjung ke negara tersebut untuk menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster mulai 1 Februari 2022.

Melansir laman chroniclelive.co.uk dan Badan Pariwisata Spanyol, wisatawan belum bisa berkunjung ke Spanyol jika vaksinasi Covid-19 terakhir mereka lebih dari 270 hari lalu atau sekitar sembilan bulan. 

Jika mereka hanya divaksinasi dua kali, dan yang kedua diterima pada 270 hari yang lalu, mereka memerlukan suntikan booster yang dilakukan lebih dari 14 hari sebelum tanggal kedatangan.

Sebelumnya, agar bisa disebut sebagai "bervaksin penuh" dan berkunjung ke Spanyol, wisatawan berusia 12 tahun ke atas harus menerima dua dosis vaksin (AstraZeneca, Moderna, Pfizer) atau satu dosis vaksin (Janssen). Dosis terakhir diberikan setidaknya 14 hari yang lalu.

Hal tersebut berarti wisatawan tidak memerlukan suntikan booster untuk berkunjung ke Spanyol pada Januari 2022, asalkan mereka bervaksin penuh dan menunggu setidaknya 14 hari dari tanggal vaksinasi terakhir. 

Selama berada di negara tersebut, wisatawan wajib memakai masker baik di dalam ruang publik maupun luar ruangan.

Menurut laman Badan Pariwisata Spanyol, mereka juga wajib mengisi Health Control Form atau Formulir Pengendalian Kesehatan untuk mendapat kode QR yang wajib diperlihatkan saat boarding, serta di lokasi-lokasi tertentu setibanya di Spanyol.

Baca juga:

Pemerintah Spanyol telah membuat daftar negara-negara berisiko tinggi yang berlaku hingga Minggu (23/1/2022).

Negara-negara yang berisiko tersebut, di antaranya Austria, Kroasia, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Polandia, Swedia, dan Belanda.

Sementara itu, Indonesia, China, Kolombia, Selandia Baru, Peru, Qatar, Arab Saudi, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Uruguay termasuk negara-negara yang dinilai tidak berisiko.

Spanyol merupakan salah satu negara yang mewajibkan wisatawan asing untuk mendapat suntikan booster sebelum berkunjung. 

Adapun beberapa negara yang mewajibkan booster adalah Belanda dan Uni Emirat Arab. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.