Pemerintah Bahas Rencana Penerapan Kembali Visa on Arrival bagi Wisman

Kompas.com - 03/03/2022, 17:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah membahas rencana pemberlakuan kembali Visa on Arrival (VoA), atau visa kedatangan sebagai bagian dari pembukaan Bali bagi wisatawan mancanegara (wisman).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut, prosedur penerapan Visa on Arrival bagi PPLN saat ini sedang dalam proses pembicaraan antar kementerian dan lembaga.

Baca juga: Pemerintah Akan Kembali Terapkan Visa on Arrival untuk Wisman

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kemenkumham, mudah-mudahan dengan Kemenlu dan akan diputuskan di level Kemenkomarves, harapan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar kita kembali memberikan fasilitas Visa on Arrival."

Demikian ungkap Sandiaga dalam sesi Weekly Press Briefing, Selasa (01/03/2022).

Sandiaga menambahkan, rencana penerapan kembali Visa on Arrival butuh persiapan matang mengingat situasi pandemi Covid-19 masih berlangsung dan karantina bagi wisman yang datang ke Bali masih diberlakukan saat ini. 

Baca juga:

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, pelaksanaan Visa on Arrival tanpa persiapan matang dikhawatirkan menimbulkan kerumunan dan antrean panjang.

"Penerapan Visa on Arrival harus dengan persiapan yang matang, karena saat musim turis di Bali, kedatangan turis jumlah banyak dalam waktu bersamaan kerap menimbulkan kerumunan dan antrean panjang," sambungnya.

Ilustrasi permohonan visa.FREEPIK Ilustrasi permohonan visa.

Sebelumnya, Sandiaga telah bertemu dengan Gubernur Bali I Wayan Koster dan keduanya berencana mendorong kembali penerapan Visa on Arrival.

Keputusan itu diambil mempertimbangkan masukan dari para pelaku pariwisata.

"Kami akan sama-sama dorong penerapan VoA kembali, namun penanganan pandemi tetap kami prioritaskan," kata Sandiaga, sebagaimana diberitakan Kompas.com, Kamis (24/02/2022).

Meski pemulihan pariwisata terus diupayakan, Sandiaga mengatakan, penanganan pandemi Covid-19 menjadi prioritas utama pemerintah saat ini.

"Kami akan sama-sama mendorong penerapana VoA Kembali, namun penanganan pandemi tetap kami prioritaskan," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.