Kompas.com - 29/11/2021, 13:19 WIB

KOMPAS.com – Indonesia Inbound Tour Operators Association (IINTOA) sempat mengirim surat terbuka kepada Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Surat tertanggal 22 November 2021 ini menyampaikan empat poin penting terkait pembukaan kembali Pulau Dewata bagi wisatawan mancanegara (wisman).

Salah satu poin dalam surat itu membahas tentang kebijakan visa. Wisman bisa berkunjung dengan visa wisata dalam kategori B221A jika pengajuannya melalui agen visa.

Ketua IINTOA Paul Edmundus Tallo menjelaskan, hal ini cukup rumit dan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pemanfaatan layanan Visa on Arrival (VOA).

“Lama waktu pengurusan visa tergantung komunikasi antara calon turis dengan tour wholesaler, tour operator dengan biro perjalanan wisata, atau agen visa,” ujar Paul, Minggu (28/11/2021).

Baca juga:

Selain itu, lama waktu pengurusan visa wisata juga tergantung dari komunikasi antara biro perjalanan wisata atau agen visa dengan Kantor Imigrasi. Hal ini lantaran seluruh prosesnya dilakukan secara daring.

Menurut Paul, jika calon wisman yang meminta untuk diurusi visanya berjumlah satu atau lima orang, hal itu masih memungkinkan dilakukan dalam satu hari.

“Bagaimana kalau jumlahnya 100 orang, atau 1.000 orang meminta pada hari yang sama? Saya kira tidak mudah untuk melayani dengan cara ini. Jadi, waktunya pasti akan lebih lama dibandingkan dengan VOA,” sambungnya.

Sebagai informasi, saat ini pemerintah Indonesia masih menutup layanan VOA hingga informasi lebih lanjut.

Ilustrasi Bali - Wisatawan sedang berlibur di Sacred Monkey Forest, Gianyar, Bali.SHUTTERSTOCK / Elizaveta Galitckaia Ilustrasi Bali - Wisatawan sedang berlibur di Sacred Monkey Forest, Gianyar, Bali.

Seputar pengajuan visa wisata

Paul mengatakan bahwa wisman “dimiliki” oleh tour wholesaler atau tour operator. Sehingga, mereka akan menghubungi salah satu dari dua pihak itu untuk mengurus visa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.