Kompas.com - Diperbarui 11/09/2022, 15:08 WIB

KOMPAS.com - Kota dan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah mempunyai banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi wisatawan.

Ada banyak pilihan tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya, taman hiburan, dan wisata bahari yang bisa dikunjungi.

Baca juga: Rute Goweser Salatiga sampai Kabupaten Semarang, Pas untuk Orang Tua

Berbagai tempat wisata Semarang ini bisa dikunjungi ketika berlibur bersama keluarga, teman-teman, maupun saat solo traveling.

15 tempat wisata di Semarang

Berikut 15 tempat wisata Semarang yang wajib dikunjungi.

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan wisata ikonik Kota Semarang. Mengutip Kompas.com (18/1/2022), kata Lawang Sewu berasal dari bahasa Jawa yang berarti seribu pintu karena bangunan ini memiliki banyak pintu dan jendela.

Bangunan utama Lawang Sewu.Dok. Kemenparekraf Bangunan utama Lawang Sewu.

Dulunya bangunan ini digunakan sebagai Kantor Pusat Perusahan Kereta Api Swasta zaman Belanda. Dengan luas lahan sekitar 18.232 meter persegi, kompleks Lawang Sewu memiliki lima gedung yang dibangun secara bertahap dari tahun 1904 hingga 1918.

Setelah mengalami pemugaran, saat ini Lawang Sewu digunakan sebagai museum tempat menyimpan beragam koleksi perkeretaapian di Indonesia.

Baca juga: Rute Goweser Salatiga sampai Kabupaten Semarang, Pas untuk Orang Tua

Pengunjung dapat melihat koleksi bersejarah, seperti mesin edmonson, mesin hitung, mesin tik, replika lokomotif uap, surat berharga, dan lainnya.

2. Rawa Pening

Rawa Pening adalah danau alami yang memiliki luas sekitar 2.670 hektar. Danau ini berada di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu Kecamatan Bawen, Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Tuntang, dan Kecamatan Banyubiru.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan dua kawasan wisata di Kabupaten Semarang yakni, Bukit Cinta Rawa Pening dan Wisata Gedong Songo-Bandungan. Kementerian PUPR Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan dua kawasan wisata di Kabupaten Semarang yakni, Bukit Cinta Rawa Pening dan Wisata Gedong Songo-Bandungan.

Dari lokasi danau, wisatawan bisa menikmati pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Baca juga: 8 Wisata Dekat Rawa Pening Semarang, Pas Dikunjungi buat Liburan

Selain itu, Rawa Pening memiliki banyak spot foto Instagramable, antara lain jembatan panjang di atas rawa dan patung naga besar.

3. Eling Bening

Eling Bening merupakan salah satu obyek wisata kekinian di Kabupaten Semarang. Dari lokasi Eling Bening, wisatawan bisa mengambil foto berlatar belakang gunung dan Rawa Pening.

Eling BeningShutterstock Eling Bening

Selain panorama, obyek wisata ini memiliki sejumlah fasilitas antara lain kolam renang, kafe, restoran, outbound, camping ground, dan ruang pertemuan. Lokasinya berada di Jalan Sarjono, Kec. Bawen, Kabupaten Semarang.

Baca juga: 10 Mal Terkenal di Jawa Tengah, Semarang Paling Banyak

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.