Kompas.com - 28/03/2022, 12:22 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Minggu terakhir menjelang bulan suci Ramadhan, kunjungan wisatawan di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, meningkat cukup siginifikan dibandingkan pekan sebelumnya.

Kepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi, Dinas Pariwisata, Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi menyampaikan wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata naik dibandingkan pekan lalu.

Baca juga: 7 Wisata Alam Bantul dengan Panorama yang Indah

Dari data mingguan selama 21-27 Maret 2022, wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Bantul 49.464 orang, dengan pendapatan Rp 480,4 juta.

"Naik 21 persen dibandingkan Minggu yang lalu," kata Markus dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/03/2022).

Ia menjelaskan, kenaikan ini diperkirakan karena anak sekolah sudah selesai menjalani ujian tengah semester (UTS). Selain itu, kunjungan nyekar jelang Ramadhan yang meningkat juga disebut berkontribusi terhadap peningkatan wisata di kabupaten tersebut.

"Kenaikan kunjungan wisata ini karena Minggu terakhir sebelum puasa dan tradisi nyekar leluhur menjelang ibadah puasa," ucap Ipung panggilan akrab Markus.

Baca juga:

Ilustrasi Pantai Depok, Bantul.SHUTTERSTOCK/HARYANTA.P Ilustrasi Pantai Depok, Bantul.

Namun, Ipung menyebutkan, biasanya pada bulan puasa, kunjungan wisata akan menurun secara signifikan.

Ini menurutnya tak hanya terjadi di Bantul, tetapi juga di hampir semua daerah di DIY.

"Tradisi tahunan ketika bulan Ramadhan pasti obyek wisata sepi. Ini tidak saja di Bantul tapi hampir semua daerah di DIY," kata dia.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.