Kompas.com - 08/02/2022, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Sebagian besar wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mempunyai tempat wisata populer. Tak terkecuali Kabupaten Bantul yang berada di wilayah selatan Yogyakarta.

Kabupaten Bantul terkenal akan wisata alam dan pantai yang indah. Beberapa pantai terkenal di Kabupaten Bantul adalah Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo yang menjadi ikon wisata Yogyakarta.

Tak hanya pantai, Bantul juga menawarkan paket komplit destinasi wisata hutan, sungai, air terjun, bukit, dan persawahan.

Baca juga: 5 Tips Berkunjung ke Sermo Glamour Camp di Yogya, Datang di Sore Hari

Namun, wisatawan perlu berhati-hati dalam perjalanan, mengingat sebagian destinasi memiliki rute jalan yang ekstrem dengan tanjakan dan turunan. Berikut tujuh destinasi wisata Bantul untuk menikmati keindahan alam.

1. Pantai Parangtritis

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Parangtritis? Pantai ini sangat familiar di kalangan wisatawan dan menjadi ikon Yogyakarta.

Pantai Parangtritis, YogyakartaNaufal Image/Shutterstock Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Pantai Parangtritis berada di Kabupaten Bantul, tepatnya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek. Lokasinya berjarak sekitar 26 kilometer (km) dari Malioboro dengan estimasi waktu tempuh sekitar 52 menit.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Yogyakarta dengan Akses Jalan Tanpa Tanjakan dan Turunan

Obyek wisata ini dikeliling dengan tebing batu karang dan gunung-gunung pasir yang disebut gumuk. Tak hanya menikmati senja di pantai, wisatawan yang berkunjung bisa menyewa ATV atau menaiki delman sepanjang pinggiran pantai.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
STAND UP COMEDY INDONESIA
Stand Up Wendi: Baru Pertama Ketemu Pramugari, Udah Diminta Pertanggungjawaban | SUCI Playground
Stand Up Wendi: Baru Pertama Ketemu...
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.