Kompas.com - 29/03/2022, 20:08 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Kawasan wisata Ngingrong, Kelurahan Mulo, Gunungkidul, daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mulai bangkit setelah beberapa waktu terakhir sepi karena pandemi.

Lurah Mulo bernama Sugiyarto mengatakan, saat ini jumlah pedagang yang aktif di sentra kuliner ada 12 orang dan 15 orang pemandu susur goa. Dalam beberapa bulan terakhir, pihaknya berupaya meningkatkan kunjungan wisata yang hingga saat ini belum normal.

Salah satunya upaya peningkatan ini dengan menggandeng penyelenggara pernikahan unik, yakni menggelar nikah bareng di dalam Goa Ngingrong pada Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Wisata Lembah Ngingrong Gunungkidul, Bisa Main Flying Fox

"Karena itu dengan nikah bareng ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan ke Goa Ngingrong pasca pandemi. Selain itu Ngingrong bisa dikenal masyarakat sehingga mereka punya keinginan datang ke Ngingrong," kata Sugiyarto kepada Kompas.com, Selasa.

Dikatakannya kawasan Ngingrong memiliki berbagai wahana yang mulai dibuka kembali untuk umum, seperti Flying Fox, Kuliner,  persewaan ATV, hingga susur gua.

Terdapat beberapa gua di kawasan Ngingrong, seperti goa Njemblong, goa Ngoboran hingga goa Ngingrong.

Semua itu merupakan hasil kerjasama pihaknya bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Untuk harganya Rp 650.000 untuk satu orang yang turun ke bawah untuk susur goa. Perlu waktu sehari full dan minimal 6 jam untuk menyelesaikannya," kata Sugiyarto.

Ia melanjutkan, tarif flying fox adalah Rp 35.000 dan tiket masuk Rp 3.000 per orang. Pihaknya bekerja sama dengan BUMDes serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan karena ini tanah tempat wisata itu adalah milik provinsi, sehingga dilakukan bagi hasil.

Baca juga: Menjejaki Rute Menuju Lembah Ngingrong

Untuk kuliner pihaknya buka setiap akhir pekan dengan menggelar berbagai makanan khas warga sekitar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.