Kompas.com - 20/04/2022, 18:04 WIB

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini setiap tanggal 21 April.

Sosok Raden Ajeng (R.A.) Kartini merupakan tokoh emansipasi yang memperjuangkan hak-hak perempuan, termasuk perempuan di Jawa, agar dapat mengenyam pendidikan. 

Pada saat itu, perempuan Jawa terkungkung oleh adat, yaitu tidak bisa duduk di bangku sekolah dan harus dipingit. Bahkan, kala itu mereka harus bersedia menikah dengan laki-laki yang dijodohkan, serta harus bersedia dimadu.

Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada 21 April 1879. Pahlawan Nasional tersebut meninggal dalam usia 25 tahun pada 17 September 1904, kemudian dimakamkan di Rembang, Jawa Tengah. 

Jejak peninggalan Kartini banyak ditemukan di Jepara dan Rembang. Lokasi tersebut menjadi tempat wisata, serta terbuka bagi masyarakat yang ingin mengenang sosok pahlawan ini.

Baca juga:

Tempat wisata jejak peninggalan R.A. Kartini 

1. Monumen ari-ari Kartini 

Monumen ari-ari RA Kartini, JeparaDok. http://tic.jepara.go.id Monumen ari-ari RA Kartini, Jepara

Monumen ari-ari Kartini berada di Desa Pelemkerep, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara. Mengutip situs web Tourism Information Center Jepara, monumen tersebut merupakan lokasi ari-ari atau plasenta waktu Kartini lahir yang dipendam dalam tanah sesuai dengan adat Jawa. 

Monumen yang didirikan pada 1979 tersebut menyerupai bunga teratai yang bermakna kelahiran. Kuncup kedua bunga teratai berjumlah 21 yang mewakili tanggal kelahiran Kartini. 

Sementara itu, kuncup paling atas berjumlah sembilan dan kuncup paling bawah berjumlah 18 yang menunjukkan tahun 1800. Lalu, ada empat buah lampu menunjukkan bulan April dan terdapat ukiran di bawah monumen yang jumlahnya ada tujuh. 

Jika semunya dirangkai menjadi tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Kartini yakni 21 April 1879. Dulunya, lokasi tersebut merupakan rumah keluarga Kartini. 

Namun, sekarang sudah tidak ada bekas peninggalannnya karena keluarga Kartini pindah ke Jepara setelah sang ayah menjadi bupati.

2. Pendopo Kabupaten Jepara 

Pendopo Kabupaten JeparaDok. http://tic.jepara.go.id/ Pendopo Kabupaten Jepara

Sebagai anak bupati, Kartini muda banyak menghabiskan waktu di kediamannya, salah satunya pendopo Kabupaten Jepara. Berdasarkan informasi dari situs Pesona Indonesia, pendopo kabupaten ini dulunya dibagi menjadi beberapa ruang menggunakan penyekat. 

Salah satunya adalah ruang pingitan yang merupakan tempat Kartini dipingit menunggu lamaran tiba. Kemudian, ada ruang berkumpul keluarga, ruang makan, dan tempat tidur Kartini beserta saudaranya. 

Ada pula serambi belakang pendopo tempat Kartini mewujudkan salah satu perjuangannya, yaitu mendirikan sekolah perempuan. Di belakang serambi ini, juga terdapat dapur umum, yang digunakan Kartini untuk memberi pelajaran memasak. 

Baca juga: 10 Hotel di Jepara Dekat Pantai, Cocok untuk Lihat Sunset

3. Pantai Kartini 

Kawasan Pantai Kartini, Jepara.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Pantai Kartini, Jepara.

Sekitar 2,5 kilometer dari Pendopo Kabupaten Jepara kediaman Kartini, terdapat Pantai Kartini. Dikutip dari situs web Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, pantai ini merupakan tempat wisata bagi keluarga dan kerabat Kartini untuk beristirahat dan melepas lelah. 

Di pantai ini pula Kartini kecil sering bermain-main, sehingga diberi nama Pantai Kartini untuk mengenang pahlawan ini.

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kartini dapat melihat akuarium raksasa yang berwujud kura-kura, yaitu Kura-Kura Ocean Park. Pantai Kartini juga merupakan dermaga utama untuk menyeberang ke Taman laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang. 

Obyek wisata ini juga dilengkapi dengan hotel, homestay, tempat ibadah, toko suvenir, tempat kuliner, dan gazebo.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam di Jepara, Main Air di Pulau Panjang

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.