Kompas.com - 22/04/2022, 15:06 WIB
One Way saat mudik lebaran KOMPAS.comOne Way saat mudik lebaran

KOMPAS.com - Periode mudik Lebaran 2022 sudah hampir tiba, dengan puncak arusnya yang diprediksi berlangsung pada 28-30 April 2022.

Sebanyak 23 juta pemudik tahun ini diperkirakan akan menggunakan mobil pribadi, berdasarkan survei Badan Litbang (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub),dikutip dari Kompas.com, Selasa (19/4/2022). 

Bagi pemudik yang naik mobil pribadi, ada sejumlah barang yang wajib dibawa selain barang-barang lainnya, salah satunya kartu uang elektronik atau e-toll.

Barang-barang tersebut akan membantu perjalanan menjadi lebih nyaman dan aman, mengingat mudik identik dengan perjalanan jauh. 

Berikut tujuh barang yang wajib dibawa saat mudik naik mobil. 

Baca juga:

Benda-benda yang wajib dibawa jika mudik naik mobil pribadi

1. Alat reparasi mobil 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, mengatakan, pemudik wajib membawa alat reparasi mobil standar (standard tool kit) dari pabrikan. Contohnya, kunci roda, kunci pas, kunci busi, obeng, tang, pompa ban portabel, dan dongkrak. 

“Bawa tools standard yang disiapkan oleh pihak pabrik untuk perbaikan yang ringan-ringan saja. Tapi kalau berat atau ribet, lebih baik pemudik menghubungi mekanik pada posko-posko mudik,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (20/4/2022).

Sony tidak menyarakan pemudik memperbaiki mobil secara mandiri jika terjadi kendala dalam perjalanan. Hal ini karena peralatan dan pengetahuan pemudik tentang mobil bisa terbatas, sehingga sebaiknya meminta bantuan kepada mekanik terdekat. 

Untuk menghindari kendala teknis di jalan, pemudik sebaiknya memastikan fisik mobil dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan.

Menurut Sony, ada lima aspek mobil yang harus dicek, di antaranya lampu, ban, suspensi, serta cairan pada mesin seperti oli, air radiator, air aki, minyak rem, dan kabel jumper. 

Selanjutnya, pemudik juga perlu mengecek fitur keamanan mobil masing-masing apakah sudah berfungsi dengan baik. Fitur keamanan pada mobil tersebut antara lain, air bag, alat pendeteksi titik buta (blind spot detector), dan sabuk pengaman (seat belt).

2. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Ilustrasi kotak P3K di mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi kotak P3K di mobil

Perjalanan mudik jarak jauh sangat berisiko membuat mesin mobil panas. Oleh sebab itu, Sony menyarakan pemudik yang menggunakan mobil untuk mempersiapkan APAR atau fire extinguisher dalam kendaraan. 

APAR adalah jenis alat pemadam ringan yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. Saat ini, sudah tersedia APAR untuk keamanan di mobil di toko-toko daring, sehingga pemudik bisa mendapatkannya dengan mudah. 

Jangan lupa untuk mempelajari cara penggunaannya, guna mengantisipasi kondisi yang tidak diinginkan. 

Baca juga:

3. Obat-obatan 

Barang yang wajib dibawa oleh pemudik selanjutnya adalah obat-obatan pribadi. Pemudik dapat mengonsumsi obat-obatan tersebut saat kondisi tubuh mulai lelah, sehingga perjalanan lebih nyaman. 

Pastikan obat-obatan pribadi tersebut diletakkan di tempat yang mudah dijangkau di dalam mobil. Secara umum, Sony menyarankan pemudik membawa barang bawaan secukupnya. 

“Untuk barang bawa seperlunya saja, berlebihan justru membuat muatan tidak efektif,” imbuhnya.

Selain obat-obatan untuk dikonsumsi, pemudik juga sebaiknya menyiapkan perlengkapan P3K, seperti obat luka, pembersih luka, kain kassa, dan kapas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.