Kompas.com - 22/04/2022, 14:04 WIB
ilustrasi traveling anyaberkutilustrasi traveling

KOMPAS.com - Meski pandemi Covid-19 dinilai melandai, asuransi perjalanan atau travel insurance masih menjadi salah satu hal penting bagi wisatawan.

Selain untuk meminimalisir kerugian jika terjadi hal yang tidak diinginkan, asuransi dapat memberikan rasa aman saat bepergian. 

Selain untuk keperluan saat sakit atau terjadi kecelakaan, asuransi perjalanan dapat digunakan ketika wisatawan kehilangan bagasi, penerbangan ditunda, dan lain sebagainya.

Baca juga:

Lantas, bagaimana cara tepat bagi wisatawan yang baru pertama kali membeli asuransi perjalanan?

Travel blogger Marischka Prudence membagikan beberapa tips dan preferensi pribadinya saat menggunakan asuransi perjalanan, dalam sesi "Ngabuburit Virtual bersama Zurich: Sudah Boleh Jalan-Jalan Lagi, Masih Perlukah Asuransi?" yang digelar Kamis (21/4/2022).

Tips memilih asuransi perjalanan saat wisata 

1. Membeli sendiri atau lewat agen perjalanan

Cara Proteksi Keuangan dengan Asuransi dan Manajemen AsetJihan Aulia Zahra Cara Proteksi Keuangan dengan Asuransi dan Manajemen Aset

Menurutnya, membeli asuransi sendiri atau melalui agen perjalanan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

"Kalau menurut aku, beli sendiri. Kita masuk (situs) web-nya, terus lihat kebutuhan kita apa saja. Jadi, benar-benar bisa sesuai, kebutuhan apa yang kita ambil," ujar Pru.

Era teknologi yang canggih seperti saat ini, lanjutnya, membuat pembelian asuransi perjalanan menjadi lebih mudah. Wisatawan bisa membelinya langsung baik melalui laman resmi penyedia layanan asuransi atau lewat aplikasi.

Namun, ia juga mempersilakan wisatawan yang ingin membeli asuransi langsung melalui travel agent (agen perjalanan).

"Kalau misalnya teman-teman ada yang lebih nyaman lewat travel agent ya enggak apa-apa juga. Tapi jangan lupa komunikasikan ke agent-nya butuh apa saja," tuturnya. 

Ia menyarankan wisatawan yang ingin memesan asuransi melalui travel agent, dapat mengkomunikasikan segala kebutuhan dan detail yang diperlukan, guna menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

Baca juga:

2. Perbanyak riset dan baca

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa wisatawan wajib mengetahui produk dan penyedia asuransi yang akan dipilih. Tak lupa, cari tahu sebanyak-banyaknya.

"Jangan malas baca untuk memilih insurance (asuransi) yang tepat, karena kadang-kadang kita suka pengen cepat, padahal insurance gimanapun juga harus detail, kadang kita liat tabel udah males. Kalau keburu-buru malah enggak dapat yang kita butuhkan," kata Pru.

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.