Kompas.com - 22/04/2022, 20:10 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kota Yogyakarta diprediksi akan didatangi 4 juta kendaraan wisatawan saat libur Lebaran 2022.

Menanggapi hal itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta mengimbau para wisatawan untuk datang ke Yogyakarta naik transportasi umum.

Kepala Dishub Kota Yogyakarta Agus Arif mengatakan bahwa dengan potensi kunjungan wisatawan sebanyak 4 juta kendaraan, kemungkinan jalanan Kota Yogyakarta padat dan macet.

Baca juga: Libur Lebaran di DIY, Angkutan Wisata Diimbau Tidak Lewat Tanjakan Cinomati

"Hampir 4 juta prediksinya. Aktivitasnya setelah libur Lebaran ke DIY, malamnya mau ke Malioboro cari oleh-oleh. Mau tidak mau terjadi peningkatan kendaraan sedangkan kapasitas jalan terbatas," kata dia kepada Kompas.com di Mandala Krida, Jumat (22/4/2022).

Dengan kondisi itu ia berharap kepada wisatawan saat datang ke Yogyakarta beralih dari kendaraan pribadi menggunakan transportasi publik.

Kota Yogyakarta memiliki bus Transjogja yang tiap harinya melayani berbagai rute. Selain itu, masyarakat juga bisa memanfaatkan ojek atau taksi online.

suasana menjelang malam pergantian tahun di Malioboro wisatawan membludak, Jumat (31/12/2021)KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO suasana menjelang malam pergantian tahun di Malioboro wisatawan membludak, Jumat (31/12/2021)

"Meskipun kita juga melakukan upaya-upaya perkiraan rekayasa lalu lintas. Kalau di Jalan Mangkubumi sudah tidak bisa menampung, ya harus dialirkan," kata dia.

Ia memprediksi kemacetan berada di beberapa simpul-simpul di Kota Yogyakarta seperti di Tugu Pal Putih, Malioboro, dan Keraton (Gumaton).

"Simpulnya di Gumaton, Patuk, sentra oleh-oleh Wijilan," katanya.

Tim informasi dan aduan

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyampaikan bahwa persiapan libur Lebaran kali ini Pemkot Yogyakarta membentuk informasi dan aduan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.