Kompas.com - 01/05/2022, 15:04 WIB
Bus Jakarta Explorer, bus tingkat sebagai sarana transportasi wisata gratis di ibu kota Dok. https://transjakarta.co.id/Bus Jakarta Explorer, bus tingkat sebagai sarana transportasi wisata gratis di ibu kota

KOMPAS.com - Para pemudik telah meninggalkan DKI Jakarta untuk menyambut lebaran 2022 di kampung halaman.

Per Sabtu (30/4/2022), data Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mencatat 7 juta warga DKI Jakarta dan sekitarnya sudah berangkat mudik, seperti dikutip dari Kompas.com (30/04/2022). 

Namun, warga yang tidak bisa mudik dan harus merayakan lebaran tahun di ibu kota tak perlu berkecil hati. Sebab, kamu bisa mencoba beragam wisata di ibu kota selama lebaran. 

Baca juga: Libur Lebaran 2022, Catat Jam Buka 4 Taman Rekreasi di Jakarta

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta menawarkan beragam pilihan wisata untuk mengisi libur panjang lebaran. Salah satunya adalah bus gratis yang disediakan oleh PT Transjakarta. 

"Di Jakarta itu ada banyak pilihan destinasi dan aktivitas wisata yang dapat dikunjungi," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata dikutip dari Antara, Sabtu (30/4/2022). 

Berdasarkan dokumen Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta yang diterima oleh Kompas.com, terdapat empat rute bus gratis yang dapat dinikmati oleh warga.

Bus gratis tersebut akan mengantarkan warga menjelajah ibu kota pada libur Lebaran 2022. 

"Nikmati keindahan urban dari atas bus tingkat secara gratis. Ada empat rute siap mengantar Anda,” bunyi dokumen tersebut.

Baca juga:

Berikut empat pilihan bus gratis yang siap mengantarkan kamu keliling ibu kota pada libur lebaran 2022.

1. Bus wisata Jakarta Explorer rute Jakarta Modern

Untuk diketahui, PT Transjakarta mengelola 22 bus tingkat sebagai sarana transportasi wisata, yaksi bus Jakarta Explorer

Berdasarkan informasi dari situs Transjakarta, bus tersebut dapat digunakan secara gratis oleh seluruh warga ibu kota.

Baca juga: 11 Halte Transjakarta yang Tutup Sementara karena Revitalisasi

Saat ini, bus Jakarta Explorer memiliki tujuh rute wisata berbeda yang menelusuri ikon dan landmark ibu kota. 

Berdasarkan dokumen Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, salah satu bus Jakarta Explorer yang dapat diakses oleh warga pada lebaran 2022 ini adalah rute Jakarta Modern.

Bus Jakarta Explorer tersebut akan melayani masyarakat pada 3-8 Mei 2022. 

“Bus wisata mulai beroperasi pada 3 Mei-8 Mei 2022. Rute Jakarta Modern beroperasi pukul 10.00-21.00 WIB,” bunyi dokumen tersebut.

Mengutip situs Transjakarta, rute Jakarta Modern melalui beberapa titik di pusat kota.

Rutenya meliputi, Monas 1, Monas 2, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Plaza Indonesia, Menara Topas, Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru, dan Juanda atau Masjid Istiqlal.

Bus wisata ini dilengkapi dengan audio yang menjelaskan latar belakang dari lokasi-lokasi yang disinggahi.

Selain itu, bus attendant (on board) juga akan memberikan memberikan penjelasan mengenai ikon – ikon Kota Jakarta yang dilewati oleh bus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.