Kompas.com - 05/05/2022, 16:43 WIB

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengalami peningkatan signifikan saat libur Lebaran 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohamad Arif Aldian mengatakan, pada H+1 Lebaran angka kunjungan secara keseluruhan mencapai 21.736 orang.

Baca juga: 13 Pantai di Gunungkidul Yogyakarta, Bisa Mampir Saat Libur Lebaran

Sedangkan pada H+2 Lebaran atau Rabu (4/5/2022), angka kunjungan naik dua kali lipat menjadi 48.364 orang.

"Kalau kemarin (Rabu) itu pengunjung wisata Gunungkidul mencapai 48.364 orang," kata Arif saat dihubungi wartawan melalui telepon, Kamis (5/5/2022).

Meningkatnya kunjungan ini membawa angin segar bagi pelaku wisata di Kabupaten Gunungkidul.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul Sunyoto mengatakan, saat liburan Lebaran, para pelaku wisata merasakan adanya peningkatan pendapatan.

Peningkatan pendapatan ini membawa angin segar setelah obyek wisata di Gunungkidul sepi selama dua tahun pandemi Covid-19.

"Bisa dibilang Lebaran ini ada peningkatan signifikan untuk pendapatan," kata Sunyoto.

Baca juga:

Operation Manager Teras Kaca Erika Nasution mengatakan, kenaikan pengunjung pada liburan kali ini di tempatnya mencapai 300 persen dibandingkan hari biasa saat pandemi.

"Rata-rata 500 orang perhari, jauh dari kapasitas tempat kami 2.000 sampai 3.000 orang," kata Erika.

Pengunjung menikmati teras kaca di Pantai Nguluran, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Pengunjung menikmati teras kaca di Pantai Nguluran, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.