Kompas.com - 16/05/2022, 09:46 WIB

KOMPAS.com - Masker tidak lagi harus dikenakan selama penerbangan dan saat di bandara di negara-negara Uni Eropa (UE) mulai hari ini, Senin (16/5/2022).

Keputusan ini sejalan dengan perubahan kebijakan Covid-19 untuk transportasi umum di seluruh Eropa, menurut Badan Keselamatan Penerbangan UE (European Union Aviation Safety Agency atau EASA).

Kendati demikian, EASA menyampaikan bahwa aturan penggunaan masker tetap akan bervariasi tergantung kebijakan tiap maskapai.

Baca juga:

"Mulai Senin (16/5/2022), masker tidak lagi wajib saat perjalanan udara, sejalan dengan perubahan persyaratan otoritas nasional di seluruh Eropa untuk transportasi umum," kata Direktur Eksekutif EASA Patrick Ky, dikutip dari BBC, Senin (16/5/2022).

Ia juga mengungkapkan kelegaannya lantaran pelaku perjalanan bisa berhasil mencapai tahap pelonggaran langkah-langkah keamanan terkait pandemi. 

Pelaku perjalanan tetap diminta menjaga jarak dan cuci tangan

Kendati demikian, terdapat beberapa imbauan dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC).

Direktur ECDC Andrea Ammon mengatakan, meski pemakaian masker tidak lagi wajib, penumpang sebaiknya tetap menjaga jarak fisik dan menjaga kebersihan tangan sebagai salah satu cara terbaik untuk mengurangi penularan virus.

Baca juga: 

Kedua lembaga Uni Eropa menjelaskan, maskapai penerbangan wajib tetap mengimbau penumpang untuk memakai masker, khususnya di penerbangan yang tiba atau berangkat dari tempat-tempat yang masih mengharuskan pemakaian masker di transportasi umum.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.