Kompas.com - 18/05/2022, 15:05 WIB

KOMPAS.com - Selama periode long weekend (libur panjang) Hari Raya Waisak 2022, PT Angkasa Pura I atau AP I telah melayani 651.474 penumpang dengan 5.247 pergerakan pesawat udara, di 15 bandara yang dikelola.

Adapun angka tersebut merupakan jumlah total yang dilaporkan mulai dari Jumat (13/5/2022) hingga Senin (16/5/2022).

Selama empat hari tersebut, rata-rata per hari jumlah penumpang dan pergerakan pesawat udara yang dilayani mencapai 162.869 penumpang dan 1.312 pergerakan pesawat udara.

Angka ini lebih tinggi dari rata-rata harian pergerakan penumpang dan pesawat selama periode 1-12 Mei 2022, yaitu sebanyak 157.051 penumpang dan 1.305 pergerakan pesawat.

Baca juga:

"Puncak kedatangan penumpang pada libur panjang Waisak di bandara kami terjadi pada hari Jumat, dengan jumlah 82.660 penumpang dan 681 pergerakan pesawat," tutur Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu (18/5/2022).

Sementara itu, puncak keberangkatan terjadi pada hari Senin, dengan 87.814 penumpang dan 669 pergerakan pesawat terlayani di 15 bandara AP I.

"Jika dikomparasi dengan rata-rata harian bulan Mei 2022, terdapat pertumbuhan sebesar 0,5 persen untuk pergerakan pesawat, dan empat persen untuk pergerakan penumpang," tambahnya.

Baca juga: Menparekraf: Waisak Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Borobudur

Bandara Juanda Surabaya mencatat trafik tertinggi

Salah satu bandara internasional di Indonesia, Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.SHUTTERSTOCK / structuresxx Salah satu bandara internasional di Indonesia, Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Selama libur panjang Waisak 2022, Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, memiliki trafik tertinggi di antara 15 bandara kelolaan AP I, dengan total 145.197 penumpang dan 950 pergerakan pesawat.

Adapun bandara dengan jumlah trafik terbanyak kedua, yaitu Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, dengan 138.626 penumpang dan 978 pergerakan pesawat.

Sementara itu, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berada di urutan ketiga, dengan 100.542 penumpang dan 743 pergerakan pesawat.

Baca juga:

Faik Fahmi optimistis untuk terus berkomitmen dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi udara yang semakin meningkat.

"Ke depannya, kami semakin optimis dengan prospek pertumbuhan trafik udara mengingat syarat perjalanan udara yang semakin mudah terjangkau bagi masyarakat, serta semakin meningkatnya minat dan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan transportasi udara," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.