Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2022, 15:03 WIB
Ulfa Arieza ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Republik Ceko baru saja meresmikan obyek wisata jembatan gantung pada pekan lalu. Jembatan gantung bernama Sky Bridge 721 tersebut, digadang-gadang menjadi jembatan gantung terpanjang di dunia

Mengutip dari Travel Awaits, jembatan gantung tersebut membentang sepanjang  721 meter, sesuai dengan namanya. Sementara, Sky Bridge 721 berada di ketinggian 95 meter dan lebar 1,2 meter. 

Saat ini, rekor jembatan gantung terpanjang versi Guinness World Records dipegang Baglung Parbat Footbridge. Jembatan gantung yang melintasi Sungai Kali Gandaki, Nepal itu membentang sepanjang 567 meter. 

Baca juga: Rengganis Suspension Bridge di Bandung, Wisata Baru Jembatan Gantung Terpanjang di Asean

Baca juga: Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia Ada di Vietnam, Berani Coba? 

Dengan catatan itu, maka predikat jembatan gantung terpanjang di dunia diyakini akan segera berpindah ke Sky Bridge 721

Sky Bridge 721 di Dolni Morava, Republik Ceko, merupakan jembatan gantung terpanjang di duniaDok. https://www.dolnimorava.cz/ Sky Bridge 721 di Dolni Morava, Republik Ceko, merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia

Sky Bridge 721 berada di Dolni Morava, sebuah kawasan pegunungan dan lembah hijau di Republik Ceko. Berada di ketinggian 1.110 - 1.116 meter di atas permukaan laut (mdpl), Dolni Morava dilengkapi dengan resort dan sejumlah fasilitas wisata. 

Jembatan gantung tersebut menghubungkan dua gunung di Pegunungan Jeseniky. Saat melintas di atas jembatan, pengunjung bisa menyaksikan hamparan hutan hijau di bawahnya. 

Baca juga: Mampir ke Jembatan Plunyon, Lokasi Syuting KKN di Desa Penari

Baca juga: Nimo Highland, Wisata Baru di Bandung dengan Jembatan Kaca Instagramable

Pihak pengelola kawasan Dolni Morava menyatakan Sky Bridge 721 tidak direkomendasikan bagi wisatawan yang takut ketinggian. 

"Kami tidak merekomendasikan bagi orang-orang yang takut ketinggian, disertai dengan rasa pusing, kepala berputar, perasaan ingin pingsan, dan tidak mampu bergerak," imbau pengelola Resort Dolni Morava dalam sebuah pernyataan dikutip dari Travel Awaits.

Secara administratif, Sky Bridge 721 berada di dekat perbatasan Republik Ceko dan Polandia. Untuk faktor keamanan, jembatan gantung ini memiliki enam tali utama, yang masing-masing tali mampu menopang beban hingga 360 ton.

Selain enam tali utama, Sky Bridge 721 juga dilengkapi dengan  60 tali pendukung lainnya dengan berbagai diameter.

Pengalaman melewati jembatan gantung terpanjang dunia

Sementara itu, seorang blogger Austria, Victoria Fellner menceritakan pengalamannya usai mencoba Sky Bridge 721. Ia mengaku merasa mual setelah melintasi jembatan, tetapi tidak lama. 

“Saya takut jembatan gantung itu akan banyak bergoyang, tetapi ternyata tidak seburuk itu,” kata Fellner dikutip Travel Awaits dari CNN. 

Sky Bridge 721 di Dolni Morava, Republik Ceko, merupakan jembatan gantung terpanjang di duniaDok. https://www.dolnimorava.cz/ Sky Bridge 721 di Dolni Morava, Republik Ceko, merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia

“Pemandangannya sangat mengesankan, dan kamu dapat melihat hutan di bawahnya. Untungnya saya tidak takut ketinggian,” imbuhnya. 

Untuk menuju lokasi Sky Bridge 721, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar tiga jam dari ibu kota Republik Ceko, Praha.

Pihak Dolni Morava menyediakan sejumlah akomodasi bagi pengunjung untuk menuju ke puncak, seperti sepeda dan kereta gantung. 

Baca juga: Malang-Lumajang via Jalur Selatan, Kini Bisa Lewat Jembatan Gantung Gladak Perak

Baca juga: Berkunjung ke Chapel Bridge, Jembatan Kayu Tertua di Eropa yang Ada di Swiss

Wisatawan juga dapat berjalan kaki menuju lokasi Sky Bridge 721. Butuh waktu dua tahun untuk membangun jembatan gantung terpanjang di dunia ini. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com