Kompas.com - 24/05/2022, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Republik Ceko baru saja meresmikan obyek wisata jembatan gantung pada pekan lalu. Jembatan gantung bernama Sky Bridge 721 tersebut, digadang-gadang menjadi jembatan gantung terpanjang di dunia

Mengutip dari Travel Awaits, jembatan gantung tersebut membentang sepanjang  721 meter, sesuai dengan namanya. Sementara, Sky Bridge 721 berada di ketinggian 95 meter dan lebar 1,2 meter. 

Saat ini, rekor jembatan gantung terpanjang versi Guinness World Records dipegang Baglung Parbat Footbridge. Jembatan gantung yang melintasi Sungai Kali Gandaki, Nepal itu membentang sepanjang 567 meter. 

Baca juga: Rengganis Suspension Bridge di Bandung, Wisata Baru Jembatan Gantung Terpanjang di Asean

Baca juga: Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia Ada di Vietnam, Berani Coba? 

Dengan catatan itu, maka predikat jembatan gantung terpanjang di dunia diyakini akan segera berpindah ke Sky Bridge 721

Sky Bridge 721 di Dolni Morava, Republik Ceko, merupakan jembatan gantung terpanjang di duniaDok. https://www.dolnimorava.cz/ Sky Bridge 721 di Dolni Morava, Republik Ceko, merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia

Sky Bridge 721 berada di Dolni Morava, sebuah kawasan pegunungan dan lembah hijau di Republik Ceko. Berada di ketinggian 1.110 - 1.116 meter di atas permukaan laut (mdpl), Dolni Morava dilengkapi dengan resort dan sejumlah fasilitas wisata. 

Jembatan gantung tersebut menghubungkan dua gunung di Pegunungan Jeseniky. Saat melintas di atas jembatan, pengunjung bisa menyaksikan hamparan hutan hijau di bawahnya. 

Baca juga: Mampir ke Jembatan Plunyon, Lokasi Syuting KKN di Desa Penari

Baca juga: Nimo Highland, Wisata Baru di Bandung dengan Jembatan Kaca Instagramable

Pihak pengelola kawasan Dolni Morava menyatakan Sky Bridge 721 tidak direkomendasikan bagi wisatawan yang takut ketinggian. 

"Kami tidak merekomendasikan bagi orang-orang yang takut ketinggian, disertai dengan rasa pusing, kepala berputar, perasaan ingin pingsan, dan tidak mampu bergerak," imbau pengelola Resort Dolni Morava dalam sebuah pernyataan dikutip dari Travel Awaits.

Secara administratif, Sky Bridge 721 berada di dekat perbatasan Republik Ceko dan Polandia. Untuk faktor keamanan, jembatan gantung ini memiliki enam tali utama, yang masing-masing tali mampu menopang beban hingga 360 ton.

Selain enam tali utama, Sky Bridge 721 juga dilengkapi dengan  60 tali pendukung lainnya dengan berbagai diameter.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.