Kompas.com - 27/05/2022, 17:12 WIB

KOMPAS.com - Patung yang diberi nama Cristo Protetor atau Christ the Protector (Kristus Sang Pelindung) di Encantado, Brasil telah selesai dan akan dibuka sepenuhnya untuk pengunjung pada tahun 2023.

Saat ini, patung setinggi 43 meter tersebut menjadi monumen Kristus tertinggi ketiga di dunia, "mengalahkan" patung Yesus terkenal Christ the Redeemer di Rio de Janeiro.

Adapun jaraknya sekitar 1.500 km barat daya dari patung Christ the Redeemer di puncak Gunung Corcovado.

Baca juga: Bukan di Brasil, Ini Patung Yesus di Ujung Timur Saumlaki

Patung Kristus Pelindung dirancang oleh pematung Genesio Gomes Moura (Ceara) dan putranya, Markus Moura.

Fitur yang paling menonjol dari patung ini adalah lift yang mengarah ke jantung berbentuk hati setinggi sekitar 34,1 meter.

"Ini akan menjadi bukaan kaca di mana orang dapat memfilmkan dan memotret Lembah (dari sana)," kata pengawas umum proyek Artur Lopes de Souza pada saat pengumuman patung tersebut, dikutip Kompas.com dari Travel and Leisure, Kamis (26/05/2022).

Patung tertinggi ketiga di dunia

Patung Christ the Protector berdiri setinggi 43 meter, sudah termasuk alasnya. Adapun panjang dari ujung tangan kanan ke tangan kiri mencapai 36 meter.

Patung ini dilengkapi dengan lift di dalam dan dek observasi di dekat puncak, mengutip Kompas.com (15/04/2021).

Baca juga: Seperti di Brasil, Manado Juga Punya Patung Yesus Tertinggi

Sebagai perbandingan, Christ the Redeemer memiliki tinggi 38 meter termasuk alas. Sementara bentang tangannya adalah 28 meter dari kanan ke kiri.

Dilansir dari Kompas.com (11/04/2021), organisasi lokal Friends of Christ Association (AACristo) mengatakan bahwa patung Kristus Sang Pelindung akan menjadi yang tertinggi nomor tiga di dunia.

Urutannya berturut-turut setelah patung berukuran 75 meter yang sedang dibangun di Meksiko dan monumen berukuran 52,5 meter di Polandia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.