Kompas.com - 07/06/2022, 16:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramai di media sosial pembicaraan tentang Stasiun Gambir di Jakarta Pusat yang disebut-sebut akan "pensiun" atau berhenti melayani penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

"Stasiun Gambir pensiun untuk melayani KA jarak jauh. Mereka fokus untuk KRL. Sedih, sih, karena Monas viewnya bagus banget. Aku kalau ada duit lebihan dikit ke Jogja atau Tegal, senang sekali naik dari Gambir. Stasiun bagiku tuh tempat memori-memori membumbung di udara," tulis salah seorang warganet di media sosial Twitter.

"Selain karena alasan teknis, pastinya ada makna filosofis mengapa KA antar kota (khususnya kelas eksekutif) ditujukan di Stasiun Gambir. Sayang jika nantinya benar stasiun ini tidak lagi difungsikan sebagai pemberhentian terakhir," ungkap pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Benarkah Stasiun Gambir Akan Pensiun? Ini Penjelasan Kemenhub

Munculnya kabar tersebut dilatari oleh informasi terkait rencana proyek Double Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang, yang mana Stasiun Manggarai akan dikembangkan menjadi stasiun sentral yang bakal melayani KAJJ, KRL, dan KA Bandara.

Dikutip dari Kompas.com, (06/06/2022), Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, sesuai rencana awal dan desain yang ada, kereta api jarak jauh akan berhenti di Stasiun Manggarai.

Sehingga, setelah pembangunan Stasiun Manggarai selesai, maka Stasiun Gambir diprioritaskan untuk melayani KRL saja.

Namun, hingga saat ini proyek tersebut diketahui masih berkelanjutan dan belum rampung.

Baca juga: Penumpang Wajib Pakai Masker di Stasiun dan Saat Naik Kereta Api

Stasiun Gambir masih beroperasi normal

Ilustrasi Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.DOK KAI Daop 1 Jakarta Ilustrasi Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan bahwa saat ini Stasiun Gambir masih melayani pelanggan Kereta Api Jarak Jauh.

"Sejauh ini Stasiun Gambir masih berfungsi dan melayani penumpang seperti biasa, termasuk layanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ)," demikian kata VP Public Relations KAI Joni Martinus kepada Kompas.com, Selasa (07/06/2022).

Baca juga: 7 Tips Keliling Jakarta Naik Bus Wisata Gratis, Naik di Halte Pertama

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.